Gaji Besar, Tapi Tabungan Minim? Mungkin Ini Penyebabnya

Gaji Besar, Tapi Tabungan Minim? Mungkin Ini Penyebabnya

Informasi Terkini – Dengan promosi yang diterima tahun ini, Anda berhasil mendapat peningkatan gaji! Waah, selamat ladies! Namun, kok sepertinya tabungan Anda nggak nambah-nambah ya? Justru Anda kok semakin banyak nombok nih, waduh! Apa yang salah? Hmm… bisa jadi seiring peningkatan gaji yang Anda dapatkan, Anda juga menaikkan standar hidup yang biasanya Anda jalani. Yuk, telusuri 5 masalah finansial yang Anda hadapi walaupun gaji sudah besar.

1. Menyewa Tempat Tinggal Mahal

Pastinya sih ketika gaji cukup oke, Anda akan pindah ke tempat yang lebih baik. Misalnya, kos atau apartemen yang cukup mentereng dengan fasilitas andalan. Ini bisa jadi salah satu masalah finansial yang menguras pemasukan Anda juga! Boleh saja meng-upgrade tempat tinggal supaya lebih nyaman, tapi pastikan hal ini tidak terlalu berlebihan sehingga Anda tetap bisa menabung.

2. ‘Ketagihan’ Produk Kecantikan atau Fashion Bermerek

Ingin tampill cantik dan berkelas itu wajar, apalagi Anda sudah punya posisi. Tentunya keseharian Anda diisi dengan pertemuan bersama sosok-sosok penting dan punya peranan di industri tempat Anda bekerja. Dalam hal ini, meng-upgrade penampilan sudah pasti jadi tuntutan dan keinginan, tapi…. jangan sampai kebablasan. Hindari menghabiskan setengah pendapatan Anda hanya untuk hal ini. Jika punya gaji besar, masalah finansial yang akan terjadi pasti juga banyak. Alokasikan budget untuk hal ini sesuai dengan kemampuan, dan pastikan Anda tidak tergoda untuk menghabiskan dana melebihi budget tersebut.

3. Tidak Punya Perencanaan Keuangan Bulanan

Gaji boleh besar dan Anda merasa sejahtera di awal bulan. Begitu tiba di penghujung bulan, pernah merasa uang di tangan mendadak menguap dengan cepat? Ujung-ujungnya, gaji habis dan tak bisa menabung deh. Nah, coba telusuri penyebab dari masalah finansial ini. Sudahkah Anda punya catatan pengeluaran per bulannya? Kalau belum, bagaimana Anda bisa menyimpan uang kalau selama ini Anda tidak punya perencanaan keuangan yang jelas? Anda hanya menerima uang masuk dan membiarkan begitu saja uang keluar seperti air mengalir tak tentu arah. Stop sikap sepert ini! Segera susun perencanaan keuangan Anda dengan jelas supaya hasil kerja keras Anda tidak sia-sia.

4. Terlalu Royal Karena Merasa ‘Kaya’

Ini juga jadi maslah finansial yang biasa terjadi. Perasaan ‘kaya mendadak’ karena baru dapat gaji besar membuat Anda jadi teman yang hobi mentraktir, saudara yang hobi jajanin adiknya, atau jadi pemberi pinjaman tanpa pernah terpikir untuk menagihnya kembali! Menjadi orang baik dan senang berbagi ya nggak salah ladies. Hal ini tentu harus dibarengi dengan rasa sayang untuk diri sendiri. Kalau Anda sudah ‘memakmurkan’ orang, apakah Anda sudah menyenangkan diri sendiri? Salah satu cara untuk menyenangkan diri sendiri adalah dengan menabung untuk masa depan. Nah, saatnya Anda untuk berpikir ke depan dan tidak hanya senang-senang hari ini.

5. ‘Lupa’ Berinvestasi

Anda menduduki posisi sekarang ini pastinya karena Anda dinilai smart dan bisa menguasai tugas. Yuk, jangan hanya smart mengatur pekerjaan tapi juga finansial Anda. Mengatur finansial per bulannya dan juga mengatur perencanaan masa depan. Anda tentu tak akan muda selamanya dan tak bisa berharap dari pekerjaan sekarang. Tak hanya menabung, Anda bisa mempersiapkan masa tua dengan berinvestasi. Jika sekarang punya uang lebih, ‘tanam’ di beberapa tempat agar tabungan bisa berkembang. Mulai sekarang, yuk sisihkan pendapatan Anda untuk investasi supaya uang tidak habis begitu saja.