Gigi Anak Rusak Bisa Berdampak Hingga Dewasa

Gigi Anak Rusak Bisa Berdampak Hingga Dewasa

Informasi Terkini – Banyak orang tua mengetahui gigi balita atau anak yang masih berusia sekolah dasar mengalami gigi menghitam dan terkikis. Namun, banyak dari mereka menyepelekan hal ini. Sebab, gigi anak usia saat itu merupakan gigi susu.
Namun, meskipun gigi susu, membiarkannya rusak dapat menyebabkan hal yang lebih berbahaya lagi bagi kesehatan. Tak hanya berdampak pada kesehatan gigi saja, namun juga bisa pada kesehatan organ tubuh yang lain di usia dewasa nanti.
Anak mudah mengalami gigi rusak karena asupan yang masuk ke dalam tubuh dan melewati gigi jarang terkontrol dan tidak diawasi. Banyak mengonsumsi makanan manis dan tidak membersihkan gigi setlah itu merupakan penyebab utama mudahnya gigi rusak pada anak.
Menurut Prof. drf. Anton Rahardjo, MKM. PhD, saat anak sudah mengalami gigi rusak sejak kecil, hal tersebut akan terus berdampak hingga ia beranjak dewasa. Penyebab utamanya adalah gigi rusak menyebabkan anak malas makan yang kemudian berujung pada kekurangan nutrisi pada tubuh.
Saat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh berkurang akan membuat masalah kesehatan lainnya juga ikut berdampak. Inilah yang dimaksudkan dari pernyataan drg Anton di atas.
Dalam jangka panjang, gigi rusak pada anak ini dapat membuat masalah kesehatan, seperti jantung, diabetes, dan penyakit lainnya. Hal ini bisa diatasi dengan merawat gigi rusak dan jangan membiarkan gigi anak rusak sejak dini.