Gimana Sih Urutan Pakai Makeup Yang Benar?

Gimana Sih Urutan Pakai Makeup Yang Benar?

Informasi Terkini – Sama seperti perdebatan apakah foundation atau concealer dulu yang digunakan, urutan pakai makeup secara keseluruhan pun sering dipertanyakan. Mana yang benar? Makeup wajah atau makeup mata dulu? Belum lagi ada bagian pipi dan bibir. Atau mungkin Anda termasuk sebagai salah satu yang justru semakin bingung setelah melihat beberapa "versi” sebagai contoh nyatanya.

Saya rasa kita tidak perlu memberi cap benar atau salah begitu saja untuk urutan pakai makeup. Ada memang yang lebih nyaman memakai rias mata terlebih dahulu. Biasanya dikarenakan jika sampai ada bubuk eyeshadow yang jatuh, bisa dibersihkan tanpa perlu khawatir akan menghapus foundation. Di sisi lain, ada juga yang suka memakai makeup wajah terlebih dahulu, lengkap sampai bedaknya. Lalu kalau sampai ada bubuk eyeshadow yang jatuh bagaimana? Tinggal "disapu” dengan powder brush dan selesai sudah. Simpel juga kok.

Mudahnya, kita bagi saja per bagian. Urutan pakai untuk setiap bagian inilah yang perlu Anda perhatikan.

1. Wajah (face primer – foundation – concealer – bedak)

Produk pertama yang dipakai untuk rias wajah sudah pasti face primer. Face primer mampu memberi tekstur halus pada kulit, menyamarkan tampilan pori-pori, dan membuat makeup wajah lain yang dipakai sesudahnya tahan lebih lama. Setelah primer, urutan berikutnya adalah menggunakan foundation untuk menyamakan warna kulit. Kalau masih ada noda di kulit seperti bekas jerawat? Samarkan dengan concealer. Terakhir, set semuanya dengan bedak translucent atau bedak tabur agar nantinya jika ada bubuk eyeshadow yang jatuh ke bagian wajah mudah dibersihkan.

2. Mata (eye primer – eyeshadow – eyeliner – mascara)

Sama seperti rias wajah, eye primer pun penting digunakan supaya rias mata Anda tidak "meleleh” atau luntur di tengah hari. Setelah memakai eye primer, lanjutkan dengan eyeshadow. Anda yang ingin memulaskan eyeliner dengan mudah, gunakan mascara sebagai langkah paling akhir. Memang ada kemungkinan garis eyeliner akan ikut terangkat karena sapuan mascara, namun Anda bisa mengulangi lagi tahap eyeliner agar tidak meninggalkan celah. Nah, kalau Anda tergolong wanita yang ingin satu kali "kerja” saja dan tidak ingin repot harus re-apply, gunakan mascara dulu baru eyeliner. Bagiamana dengan alis? Bagian alis cukup fleksibel kok. Anda bisa merapikan alis sebelum atau sesudah rias mata.

3. Pipi (contour – bronzer – blush)

Ada yang masih bingung dengan perbedaan contour dan bronzer? Teknik contouring digunakan untuk mempertegas tulang pipi, biasanya dengan menarik garis tepat di bawah tulang pipi mulai dari dekat telinga ke arah bibir. Dengan begitu ada ilusi bayangan pada wajah sehingga pipi terlihat lebih tirus dan tulang pipi jelas terlihat. Anda yang ingin menambah contour, pilih produk yang hasil akhirnya matte ya.
Nah, kalau bronzer kita gunakan untuk memberi efek sun-kissed glow di sepanjang tulang pipi sampai ke puncak tulang pipi teratas supaya wajah tidak terlihat flat. Ada dimensi dan kilau cantik yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan bronzer yang tepat. Pilih yang warnanya sesuai dengan skin tone, 1 – 2 warna lebih gelap dari kulit Anda sudah cukup. Blush adalah produk andalan terakhir yang dipakai untuk memberi rona cantik pada wajah.

4. Bibir (lip balm – lip liner – lipstik – lip gloss)

Bagian bibir biasanya dilakukan terakhir sebagai finishing touch untuk menyeimbangkan makeup secara keseluruhan. Lip balm digunakan pertama kali untuk memberi kelembapan pada bibir. Anda bisa menggunakan tisu untuk blot sisa lip balm sebelum memakai produk berikutnya agar warna lip pencil yang akan digunakan berikutnya lebih terlihat. Lip pencil digunakan untuk membingkai bibir agar pulasan warna lipstik lebih rapi. Tak hanya itu, lip pencil juga bisa Anda gunakan pada seluruh bibir sebagai warna dasar sebelum menggunakan lipstik. Berikutnya, tinggal poleskan lipstik, baru tambahkan lip gloss jika diinginkan. Lip gloss mampu memberi efek bibir terlihat penuh dengan kilaunya yang cantik. Tinggal Anda sesuaikan saja sesuai preferensi. Ingin hasil akhir matte atau glossy? Mudah, kan?