Hal Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Mudik Ke Kampung Halaman

Hal Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Mudik Ke Kampung Halaman

Informasi Terkini – Mudik atau pulang kampung menjadi kegiatan yang dilakukan oleh warga ibukota setiap kali menjelang hari raya Idulfitri. Mudik menjadi momen yang dinanti-nanti untuk berkumpul dengan orang tua, saudara, dan juga kerabat yang jarang dijumpai. Karena itu, diperlukan persiapan khusus sebelum berangkat mudik agar perjalanan Anda terasa nyaman. Yuk, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum berangkat!

1. Keuangan

Pulang kampung tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika Anda mudik bersama keluarga, seperti orang tua, adik, kakak, atau bahkan suami dan anak. Anda perlu mempersiapkan budget khusus untuk membeli tiket transportasi umum yang pastinya lebih mahal dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Begitu juga jika Anda memilih jalur darat dengan menggunakan mobil pribadi, tentunya Anda juga memerlukan dana khusus untuk membeli bahan bakar, makan di jalan, hingga keperluan lainnya. Sediakan juga uang tunai agar tak perlu repot mencari mesin ATM jika sewaktu-waktu Anda kehabisan uang tunai.

2. Kondisi Fisik

Beruntung jika Anda bisa mudik menggunakan moda pesawat terbang, tapi buat yang harus menempuh perjalanan darat dan laut tentunya memerlukan tenaga. Belum lagi jika Anda menghadapi kemacetan luar biasa yang selalu terjadi akibat padatnya kendaraan yang juga sama-sama ingin meninggalkan ibu kota. Jika merasa lelah selama perjalanan, sebaiknya berhenti sejenak di penginapan terdekat. Apalagi jika Anda membawa anak-anak, tentunya tak ingin mereka kelelahan dan jatuh sakit di hari Lebaran, kan? Tak perlu khawatir, Anda bisa menyewa hotel maupun rumah-rumah warga yang sengaja disewakan untuk para pemudik.

3. Kendaraan

Khusus untuk Anda yang mudik menggunakan transportasi pribadi, sebaiknya persiapkan kendaraan yang akan Anda gunakan terlebih dulu. Bawalah kendaraan ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan mesin dan uji kelayakan apakah kendaraan Anda mampu digunakan untuk menempuh jarak jauh. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan kendaraan mogok di tengah jalan yang bisa menghambat perjalanan mudik Anda. Periksa juga kecukupan bahan bakar sebelum berangkat agar tak perlu repot dan kebingungan saat bahan bakar mulai habis.

4. Kebutuhan Logistik

Meskipun diperbolehkan untuk tidak berpuasa saat menempuh perjalanan jauh, namun banyak orang yang memilih untuk tetap berpuasa. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Anda perlu mempersiapkan perbekalan yang akan dibutuhkan selama perjalanan. Selain makanan, Anda juga perlu membawa obat-obatan yang dibutuhkan jika suatu saat Anda merasa mabuk perjalanan, seperti pusing, mual, hingga demam.

5. Baju Lebaran

Tak lengkap rasanya jika tak mengenakan baju Lebaran di hari spesial. Sebelum berangkat mudik, ada baiknya jika Anda dan keluarga sudah membeli baju Lebaran untuk dipakai saat bersilaturahmi di kampung halaman. Jika tak sempat pergi ke mal, Anda bisa berbelanja secara online. Belanja secara online juga tak perlu membuat Anda membuang tenaga karena harus pergi ke mal bermacet-macetan di jalan dan berebut parkir.