Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Anda Para Pemula Yang Ingin Berolahraga Di Gym!

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Anda Para Pemula Yang Ingin Berolahraga Di Gym!

Informasi Terkini – 1. Mempelajari penggunaan alat-alat olahraga

Saat memulai berolahraga di gym, tentunya Anda harus berkenalan dengan beragam alat-alat olahraga yang ada di sana. Sebagai seorang pemula, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada personal trainer atau instruktur yang standby di gym tersebut.. Mengenali fungsi serta cara menggunakan masing-masing alat olahraga sangat penting agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi, Anda nantinya juga bisa memilih alat olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya alat olahraga untuk membentuk otot di area tertentu. Dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga menggunakan alat-alat tersebut untuk meminimalisir risiko cedera.

2. Mencuci tangan setelah selesai berolahraga

Tentu saja Anda bukanlah satu-satunya orang yang menggunakan alat-alat olahraga di gym tersebut. Ada banyak tangan atau tubuh yang telah menyentuh pegangan di sepeda statis, alat treadmill, atau matras yoga yang mungkin hendak Anda gunakan, dan itu bisa menjadi awal dari penyebaran kuman yang bisa membuat Anda sakit. Karena itulah, sebisa mungkin hindari memegang mulut atau mata setelah berolahraga untuk menghindari kontak dengan kuman. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun segera setelah Anda berolahraga dan hendak meninggalkan gym.

3. Hindari berolahraga dengan perut kosong

Banyak asumsi yang bermunculan bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat lebih membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Rupanya, berolahraga dengan perut kosong malah akan mengambil massa otot Anda dan menggunakannya untuk cadangan energi. Hal ini dikarenakan tubuh Anda memerlukan asupan energi yang mencukupi untuk dapat membakar kalori dengan maksimal. Namun, Anda juga harus memperhatikan makanan apa yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga di gym. Pilihlah makanan yang kaya akan protein dan serat, serta rendah lemak dan kalori seperti sereal, roti gandum, yoghurt. Dan sebaiknya Anda mengonsumsi makanan tersebut 3 hingga 4 jam sebelum berolahraga agar tubuh sudah mencerna makanan dengan baik dan memprosesnya menjadi energi yang dapat Anda gunakan untuk berolahraga.

4. Memacu diri agar berolahraga secara teratur

Hal yang paling sulit untuk dilakukan setelah Anda mulai berolahraga di gym adalah sikap konsisten untuk mempertahankan aktivitas ini secara teratur. Benar tidak, ladies? Padahal, saat Anda rutin berolahraga, tubuh akan secara bertahap melepaskan sel-sel yang terkait dengan kekebalan tubuh ke dalam aliran darah. Sel-sel ini kemudian bersirkulasi kembali di dalam tubuh Anda ke tingkat yang lebih tinggi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memerangi virus serta bakteri.

Tak hanya itu, jadwal olahraga yang tidak teratur serta jeda yang terlalu lama membuat otot Anda kembali memasuki masa recovery sehingga tidak mengalami perkembangan dan membuat Anda kesulitan jika ingin memulai berolahraga kembali. Karena itulah, Anda harus ‘memacu’ diri untuk berolahraga secara teratur dalam batas normal yang disarankan, yaitu selama 15 menit, 30 menit, dan satu jam setiap hari, atau tiga kali dalam seminggu.

5. Hindari berolahraga secara berlebihan

Pada dasarnya, sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, tidak terkecuali dengan berolahraga di gym. Jika Anda terbiasa berolahraga secara berlebihan dengan intensitas tinggi, seperti angkat beban dan lari treadmill dengan kecepatan tinggi, dalam waktu lebih dari 90 menit, hal ini akan mengubah sistem kekebalan tubuh Anda menjadi hal yang buruk. Bahkan, Anda berpotensi mengalami kardiotoksisitas, yaitu kondisi dimana otot jantung mengalami kerusakan dan tidak lagi dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Karena itulah, Anda harus berolahraga sesuai dengan kemampuan tubuh. Jika diperlukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan personal trainer atau instruktur di gym mengenai jenis olahraga yang akan Anda lakukan.