Handuk Untuk Wajah Dan Tubuh Apakah Perlu Dibedakan?

Beberapa dari Anda mungkin selama ini sudah familiar mengenai perawatan kulit wajah. Mulai dari cara mencuci wajah dengan benar, dan seberapa banyak penggunaan sabun cuci wajah, hingga memilih sabun cuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Namun, pernahkan terfikirkan bagaimana cara mengeringkan wajah setelah mencucinya?

Mungkin beberapa dari Anda sudah terbiasa mengeringkan wajah menggunakan handuk yang sama yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Namun, ada beberapa argument yang mengatakan bahwa Anda harus menggunakan handuk yang terpisah untuk wajah dan bagian tubuh lainnya dengan alas an kesehatan serta kebersiihan. Namun, apakah perlu kita menerapkannya?

Pentingnya memiliki handuk berbeda untuk wajah dan tubuh

Ternyata, menurut dr. Jyotisterna Mittal, seorang dokter kulit dan venereolog, mengatakan bahwa Anda harus memiliki dua handuk yang berbeda yang digunakan secara terpisah untuk wajah dan bagian tubuh. Dikarenakan kulit wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sensitive dan rentan terhadap kondisi tertentu. Sama halnya dengan Anda membiarkan produk yang dikenakan pada tubuh misalnya handbody, sabun mandi, sampo berpindah ke wajah Anda. Membayangkan saja ngeri kan? Walaupun tidak terlihat, namun hal itu bisa berdampak pada wajah Anda. Seperti memicu pertumbuhan jerawat pada kulit wajah Anda, karena pori-pori yang tersumbat. Bahkan reaksi wajah Anda juga bisa iritasi serta ruam kemerahan lho.

Ganti handuk secara rutin

Tak hanya membedakan handuk wajah dan handuk tubuh. Namun, untuk memastikan handuk yang Anda gunakan tetap bersih adalah kunci utama hidup sehat, lho. Tak hanya itu, pastikan juga handuk Anda dijemur secara kering, bukan malah diletakkan ditempat yang lembap.
Nah, menurut Kelly A. Reynolds, Ph.D., seorang professor ilmu kesehatan lingkungan di University of Arizona, mengatakan bahwa handuk yang digunakan setelah mandi dan digantung untuk dikeringkan hanya dapat digunakan hingga maksimal tiga kali. Setelah itu Anda harus segera menggantinya dengan handuk baru yang bersih. Karena dengan rutinnya mengganti handuk, Anda akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit Anda, karena kotoran dan sel-sel kulit mati yang tertumpuk pada handuk yang sudah digunakan sebelumnya.

Selain itu, jika Anda menggunakan handuk pada wajah, sebaiknya gunakan dengan cara ditepuk-tepuk saja, tidak usah diusapkan apalagi diusapkan secara kasar. Karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi serta kemerahan pada kulit wajah.