Hati-Hati, 7 Pemikiran Keliru Berikut Bisa Membuat Anda Jadi Boros Lho Ladies!

Hati-Hati, 7 Pemikiran Keliru Berikut Bisa Membuat Anda Jadi Boros Lho Ladies!

Informasi Terkini – Saat memiliki uang yang cukup, beberapa orang memanfaatkannya untuk ditabung atau membelanjakannya. Tidak bisa dibantah, menabung merupakan tindakan tepat yang sebaiknya Anda lakukan. Namun, bagaimana dengan belanja? Membeli barang atau sesuatu memang perlu jika Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jangan hanya karena diskon, promosi, atau harga yang murah, kemudian Anda tergiur untuk membelinya. Tiga faktor tersebut justru yang membuat Anda terus gagal untuk menabung. Selain ketiga hal tadi, pemikiran-pemikiran yang tertanam dalam pikiran ini juga dinilai salah dan dapat menyebabkan Anda boros. Pemikiran apa sajakah itu? Simak dan renungkan kembali saat ingin membeli suatu barang dengan membaca artikel ini.

1. Berpikir YOLO

YOLO atau you only live once, sering kali menjadi prinsip yang ditanamkan dalam diri Anda untuk menghilangkan rasa bersalah saat menghambur-hamburkan uang atau membeli sesuatu. Anda membeli sesuatu hanya karena barang tersebut memiliki gaya atau warna yang berbeda dari apa yang sudah Anda punya. Kebiasaan buruk ini dikenal dengan istilah efek diderot, di mana seseorang membeli sesuatu yang baru, tetapi kemudian membuat barang-barang yang lain jadi terlihat usang dengan perbandingan, sehingga Anda akhirnya menggantinya juga. Ini merupakan sebuah lingkaran yang tidak pernah berakhir karena setiap hal baru akan segera berubah menjadi yang lama dan akan membutuhkan pengganti lagi. Sebaiknya, pikirkan dengan matang sebelum Anda membeli sesuatu, apakah barang itu benar-benar Anda butuhkan atau hanya sekadar hasrat ingin memiliki.

2. Ingin menjadi pusat perhatian

Saat Anda membeli barang-barang yang tidak disukai orang lain, perilaku ini disebut efek sombong. Banyak orang yang suka menjadi pusat perhatian dan menggunakan pakaian dengan tren terbaru adalah salah satu cara terbaik untuk masuk menjadi pusat perhatian semesta. Eits, tapi tenang, ladies, pakaian bukanlah satu-satunya cara untuk menarik perhatian. Anda bisa menarik perhatian orang lain tidak hanya dari pakaian tapi juga dengan menjadi pribadi yang menyenangkan dan memiliki pemikiran positif.

3. Mengikuti tren

Perilaku buruk ini tentu kebalikan dari efek sombong. Seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu hanya karena semua orang memilikinya. Padahal belum tentu cocok saat menggunakannya atau tidak cocok terhadap gaya hidup tetapi Anda tetap membelinya agar sesuai dengan tren. Pikirkan kembali saat Anda ingin membeli sesuatu, apakah benar-benar membutuhkannya atau hanya karena terpengaruh pada orang lain.

4. Barang untuk masa depan

Orang suka tetap berpikir positif. Itulah mengapa Anda terkadang membeli barang untuk digunakan di masa depan. Misalnya saja, rok yang ukurannya dua kali lebih kecil, karena Anda berpikir dapat memakainya saat berat badan sudah turun. Atau rok tersebut Anda jadikan motivasi untuk menurunkan berat badan. Ingatlah, ladies, bahwa membeli pakaian baru tidak akan membuat Anda lebih langsing, pintar, atau menarik. Tidak ada barang mahal atau modis yang akan membawa Anda lebih dekat ke masa depan yang bahagia.

5. Merasa takut

Anda mungkin sering khawatir karena alasan atau bahkan tanpa alasan, tapi itulah cara pikiran bekerja. Ketika Anda melewati barang yang tidak direncanakan untuk dibeli, Anda mungkin berpikir bahwa bisa saja di lain waktu tidak memiliki cukup uang untuk membelinya. Hingga akhirnya, Anda akan membuat keputusan untuk membelinya. Lebih baik coba biasakan diri untuk menulis daftar belanja yang ingin Anda beli sebelum pergi ke toko. Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah melawan ego diri sendiri agar tidak menghabiskan uang untuk barang yang sebetulnya tidak perlu.

6. Trik penjual

Banyak asisten toko tahu bagaimana cara mendapatkan kepercayaan pembeli. Mereka mengetahui kualitas semua barang yang dijualnya dan pasti menemukan sesuatu yang Anda impikan. Para asisten toko tersebut akan terus menghasut Anda agar membeli produknya dengan mengatakan kalau barang ini hanya tinggal satu-satunya. Pernah mengalami ini, ladies? Terlepas pernah atau belum, yang terpenting adalah ingatlah selalu apa yang ingin Anda beli. Telusuri informasi tentang barang yang Anda cari secara online terlebih dahulu agar nantinya tahu apa yang harus Anda tanyakan kepada asisten toko.

7. Trik psikologis di tempat makan

Apakah Anda pernah berkunjung ke coffee shop untuk memesan satu jenis minuman, tapi berakhir dengan turut membeli makanan sebagai camilan juga? Hati-hati, ladies, musik yang menenangkan, warna-warna hangat, dan suasana rumah yang kini banyak dijadikan konsep coffee shop, bisa mempengaruhi Anda ketika berkunjung. Anda akan tergoda membeli sesuatu yang lain hanya untuk menikmati suasana yang ada. Sebaiknya pergilah ke coffee shop saat Anda tidak begitu merasa lapar agar terhindar dari godaan untuk jajan selama di sana.