Hati-Hati! Berbagai Area Di Bandara Berikut Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri Lho!

Hati-Hati! Berbagai Area Di Bandara Berikut Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri Lho!

Informasi Terkini – Banyak orang mengira jika toilet umum di bandara adalah tempat paling jorok dan banyak menyimpan bakteri. Namun ternyata dalam sejumlah kasus dan beberapa penelitian terbaru, ada beberapa area di bandara yang justru menyimpan lebih banyak bakteri, yang bisa dengan mudah menjangkiti setiap orang dan menularkan berbagai macam penyakit.

Bahkan menurut sebuah penelitian dari University of Nottingham di Inggris dan Institut Nasional Finlandia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan, ada beberapa tempat dengan urutan kuman dan virus terbanyak di bandara. Kira-kira area mana dan benda apa saja di bandara dan pesawat yang perlu Anda waspadai agar tidak mudah terjangkit virus dan bakteri? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Nampan Plastik

Bagi Anda yang kerap berpergian dan menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi, pasti sudah tak asing dengan tahapan pemeriksaan di bagian keamanan bandara. Biasaya setiap melalui bagian ini, Anda akan diberikan nampan plastik untuk meletakkan berbagai barang sebelum melakukan proses pemeriksaan.

Namun kini Anda harus berhati-hati saat menjalani proses ini, pasalnya nampan plastik ini merupakan benda yang paling banyak menyimpan bakteri, bahkan jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan bakteri pada toilet bandara. Menurut BMC Infectious Diseases, yang dikutip dari Men’s Health, ada 10 virus pernapasan, termasuk virus demam dan flu yang paling sering ditemukan pada nampan plastik. Setelah menguji dan memeriksa kuman yang mereka jadikan sample, ternyata diketahui kotak berbahan plastik tersebut memiliki jumlah kuman paling banyak dibandingkan berbagai barang dan wilayah lain di bandara.

2. Layar Sentuh Mesin Self Check-In

Mesin self service, seperti self check in counter dan self baggage drop di bandara ternyata juga menjadi sarang berdiamnya banyak kuman. Parahnya mesin self service ini memiliki sekitar seribu bakteri lebih banyak dari pada tempat duduk umum di bandara. Hal tersebut dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh Insurance Quotes, yang melakukan tes untuk mengukur jumlah unit pembentuk koloni atau colony forming units (CFU) atau bakteri per inci persegi di beberapa daerah yang sering digunakan. Dari hasil studi, ditemukan 256.875 CFU di satu buah layar check in mandiri.

3. Bangku Pesawat

Sabuk pengaman dan sandaran tangan yang melekat pada bangku pesawat merupakan area paling kotor di dalam kabin pesawat. Di kursi penumpang ini terdapat sarang bakteri E. coli dalam jumlah terbanyak dibandingkan daerah lain dan beberapa bakteri lainnya. Fakta ini didapat dari penelitian yang dilakukan para peneliti dari Amerika Serikat. Bahkan sempat terjadi hal yang tak menyenangkan yang dialami seorang menumpang sebuah maskapai India. Di mana penumpang tersebut digigit oleh bed bug yang membuat beberapa bagian tubuhnya menjadi gatal-gatal dan muncul ruam kulit.

4. Selimut dan Bantal

Saat Anda menempuh perjalanan yang cukup panjang, biasanya maskapai penerbangan akan menyiapkan bantal dan selimut agar Anda bisa beristirahat dengan nyaman saat perjalanan. Tapi tahukah Anda, jika kedua benda tersebut termasuk salah satu area terkotor yang penuh dengan bakteri yang sama dengan yang ada di toilet. Para peneliti telah melakukan penelitian secara detail dalam mengeluarkan pernyataan ini. Hal ini didukung pula dengan pemberitaan media Wall Street Journal yang terbit di Amerika Serikat tahun 2007. Dalam media tersebut dituliskan pengakuan seorang pramugara yang mengatakan bahwa selimut dan bantal yang ada di dalam pesawat hanya akan dicuci setiap 30 hari sekali.

5. Toilet di Dalam Pesawat

Toilet umum di mana pun, tak terkecuali toilet pesawat biasanya merupakan tempat yang banyak menyimpan bakteri. Jadi alangkah baiknya sebelum menggunakan toilet, Anda melindungi diri dengan cairan disinfektan yang mampu membunuh kuman. Cairan seperti ini biasanya mudah dibawa ke mana-mana karena berbentuk botol spray kecil.

Menurut ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Dr. Charles Gerba, menyebutkan bahwa bakteri E.Coli hampir pasti menempel pada seluruh benda yang ada di dalam toilet pesawat. Meskipun memiliki penampakan yang bersih, sesungguhnya seluruh bagian toilet pesawat adalah sarang bakteri berbahaya.

Itu tadi lima tempat di area Bandara dan pesawat yang menyimpan banyak bakteri. Jadi jika Anda ingin berpergian dengan menggunakan pesawat atau pun sarana transportasi apapun, pastikan untuk membawa hand sanitizer dan tisu basah, untuk mencegah terjangkitnya bakteri dan virus.