Hati-Hati, Dua Suplemen Ini Mengandung DNA Babi

Hati-Hati, Dua Suplemen Ini Mengandung DNA Babi

Informasi Terkini – Belum lama ini, publik kembali digemparkan dengan kabar yang beredar dalam masyarakat bahwa dalam sebuah suplemen makanan terdapat kandungan DNA babi. Sebelumnya hal ini juga pernah beredar bahwa terdapat dalam sebuah mi instan kemasan asal luar negeri yang kini telah ditarik peredarannya. Bukan sembarang, kabar ini ternyata berasal dari surat yang beredar dan telah viral. Akhirnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Mataram, Nusa Tenggara Timur melakukan pengujian dengan Sampel Uji Rujuk Suplemen Makanan ini.
Dari beredarnya kabar ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI juga memberikan penjelasan menganai dua suplemen yang diduga terdapat kandungan DNA babi. Dua suplemen ini adalah Viostin Ds, yang diproduksi oleh PT. Pharos Indonesia yang diberi nomor izin edar (NIE) POM SD.051523771 nomor bets BN C6K994H dan Enzyplex tablet yang diproduksi oleh PT. Mediafarma Laboratories dengan Nomor izin Edar (NIE) DBL 7214704016A1 nomor bets 16185101.
Dari pengujian yang dilakukan, memang benar ternyata kedua suplemen ini positif terhadap kandungan DNA babi. Alhasil, BPOM RI langsung melakukan tindakan yaitu dengan menginstruksikan PT.Pharos Indonesia dan PT. Mediafarma Laboratories untuk menghentikan produksi dan distribusi mengenai dua produk yang sudah terbukti ada kandungan DNA babi tersebut.