Hati-Hati, Ini Bahaya Eyeliner Bisa Bikin Benjol

Hati-Hati, Ini Bahaya Eyeliner Bisa Bikin Benjol

Informasi Terkini – Make up memang sudah menjadi kebiasaan yang tak pernah ditinggalkan oleh wanita. Make up sudah menjadi riasan sehari-hari, termasuk juga eyeliner. Riasan garis hitam yang ditambahkan pada daerah mata ini bisa membuat mata terlihat menjadi lebih besar dan indah.
Namun, dibalik keunggulannya dalam membuat mata jadi lebih besar dan indah, eyeliner ternyata bisa membuat dampak buruk pada kesehatan mata itu sendiri. Bakteri yang mungkin terjebak di kelenjar terbuka pada sepanjang kelopak mata yang dibawa oleh eyeliner bisa menyebabkan benjolan. Lama-kelamaan benjolan ini bisa menjadi bengkak yang kemudian memerah dan sakit.
Selain itu, bertukar make up mata atau kuas, tidur tanpa menghapus eyeliner, dan menggunakan produk eyeliner yang sudah lama atau kadaluarsa bisa membuat hal ini semakin parah. Umumnya, eyeliner yang berbentuk pensil bisa bertahan hingga enam bulan sedangkan eyeliner cair bertahan hingga tiga bulan saja.
Saat terjadi benjolan pada mata akibat penggunaan eyeliner, sebaiknya jangan dipecahkan. Jika banyak dipegang hal itu hanya akan mendorong bakterinya masuk semakin dalam. Jadi, mengkompres mata dengan air hangat dan konsultasi dengan dokter mata adalah cara yang tepat.
Setelah sembuh, hindari pemakaian eyeliner terlalu berlebihan dan segeralah hapus. Dan jangan memakai make up yang sudah kadaluarsa.