Hindari Aturan Ini Saat Membersihkan Wajah

Hindari Aturan Ini Saat Membersihkan Wajah

Informasi Terkini – Bila menginginkan kulit wajah tetap bersih dan sehat, salah satu rutinitas yang wajib dilakukan adalah mencuci dan membersihkan wajah. Kedua hal ini penting untuk membebaskan wajah dari penumpukan kotoran. Selain itu, ketika wajah sudah bersih, hal ini dapat membantu penyerapan skin care lebih maksimal.
Tapi, membersihkan dan mencuci wajah juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan yang sebaiknya perlu kamu hindari. Aturan itu sebagai berikut.
1. Menggunakan cleanser saat wajah basah
Tidak semua pembersih wajah atau cleanser bisa diaplikasikan pada wajah yang basah. Ada beberapa jenis cleanser yang tidak dapat bekerja dengan baik bila dalam kondisi yang basah, seperti oil dan cream cleanser.
Bila Anda menggunakan cleanser jenis seperti ini, sebaiknya hindari membasuh wajah dan tangan terlebih dulu agar tidak basah. Jenis cleanser seperti ini tidak dapat mengangkat kotoran, make up, atau sebum, justru membuat kulit menjadi berminyak dan licin.
2. Mencuci wajah dengan air hangat
Air hangat memang dapat memberikan sensasi rileks pada tubuh. Tapi, jangan sekali-kali mencuci wajah dengan air hangat. Hal ini justru dapat membuat kulit jadi dehidrasi yang kemudian menjadi lebih kering. Bahkan, air hangat dapat membuka pori-pori wajah lebih besar.
3. Menggunakan produk cleanser yang tidak sesuai kondisi kulit
Memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kita memang tidaklah mudah. Tapi, Anda bisa mengakali dengan beberapa hal ini:
– Kulit berminyak pilihlah clenaser yang bertekstur foam
– Kulit kering gunakan produk cleanser yang berbentuk lotion. Hal ini berguna untuk hydrating.
– Kulit kombinasi dapat menggunakan produk yang memiliki tekstur gel
4. Hanya menggunakan facial wipes
Facial wipes alias tisu basah memang praktis untuk digunakan sebagai pembersih wajah. Tetapi, sebaiknya hal ini tidak digunakan sesering mungkin bahkan menjadi kebiasaan. Hal ini dikarenakan tisu basah tidak dapat mengangkat sel-sel kotoran pada kulit wajah dengan maksimal. Dan akhirnya, kotoran pun akan menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan masalah baru, seperti jerawat.
5. Mengeringkan wajah terlalu maksimal
Setelah mencuci wajah memang kita disarankan untuk langsung mengeringkannya. Akan tetapi, tahap pengeringan ini juga perlu diperhatikan. Jangan sampai mengeringkan wajah hingga kering, karena hal ini dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya dan menjadi mudah kering.
Untuk menambah kelembapannya, kamu bisa menggunakan toner setelahnya.