Hindari Penggunaan Vitamin C Dengan Bahan Ini, Bisa Bikin Iritasi

Produk perawatan kulit wajah dengan kandungan vitamin C memang sering dicari karena dapat mengatasi permasalahan kulit, seperti jerawat. Namun, pemakaian produk dengan kandungan ini juga harus diperhatikan karena mungkin akan membuat kulit sensitif mudah mengalami iritasi. Selain itu, memakai produk bervitamin C juga tidak boleh digabungkan dengan beberapa kandungan berikut ini.

1. Vitamin C dan AHA/BHA

Dalam vitamin C terdapat bahan aktif yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Namun, jika Anda menggunakannya bersamaan dengan AHA/BHA, hal ini bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan pH kulit.

2. Vitamin C dan Niacinamide

Selain mencerahkan, vitamin C memang ampuh untuk mengatasi permasalahan jerawat. Namun sebaiknya jangan digunakan bersama dengan niacinamide meski juga memiliki khasiat yang sama. Adanya niacinamide justru membuat vitamin C tidak bekerja dan bikin breakout pada wajah Anda. Jadi, pilih salah satu saja agar khasiatnya bekerja maksimal.

3. Vitamin C dan retinol

Masih vitamin C juga. Jika Anda menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C jangan pula gunakan produk yang mengandung retinol. Hal ini akan mendorong terjadinya iritasi, pengelupasan, dan kemerahan pada kulit. Bahkan, jika terkena matahari kulit Anda bisa mudah mengalami terbakar. Anda cukup tidak menggunakannya secara bersamaan, namun Anda bisa menggunakannya secara bergantian seperti pagi hari vitamin C dan malam hari retinol.