Hoaks: Vaksin HPV Bikin Mandul Dan Osteoporosis

Hoaks: Vaksin HPV Bikin Mandul Dan Osteoporosis

Informasi Terkini – Banyak sekali jenis kanker yang bisa menyerang tubuh. Semua kanker tentu bisa sangat mematikan bila sudah pada stadium akhir. Termasuk juga kanker serviks. Pengobatan untuk sembuh dari kanker tentu sangat tidak mudah. Perlu usaha keras dan banyak berdoa adalah satu kesatuan yang harus ada saat ingin sembuh dari kanker.
Umumnya kanker disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari dan faktor genetik (keturunan). Namun, ada dua kanker yang disebabkan oleh virus yaitu kanker hati dan kanker serviks. Kedua kanker ini disebabkan oleh virus Human Papiloma Virus tipe 16 dan tipe 18. Karena kedua kanker ini disebabkan oleh virus, keduanya bisa diobati dengan menggunakan vaksin yang dilakukan secara berkala agar virus tidak menyebar luas ke seluruh tubuh.
Salah satu vaksin yang bisa mengobati kanker serviks adalah vaksin HPV. Diketahui, vaksin ini bisa menangkal kanker serviks hingga 99 persen. Namun sayangnya, banyak orang yang masih enggan untuk menggunakan vaksin ini dikarenakan banyak beredar kabar menggunakan vaksin HPV bisa menyebabkan mandul atau osteoporosis.
Padahal, tidak. Vaksin HPV yang menyebabkan mandul atau osteoporosis itu hoax dan tidak benar. Vaksin HPV bekerja dengan hanya menangkap sel kanker yang akan masuk ke serviks. Sehingga, tidak ada efek samping lain yang perlu ditakutkan lagi.
Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari In Harmony Clinic, Kristoforus Hendra Djaya, mengatakan memang ada efek ringan yang akan ditimbulkan setelah vaksin HPV. Namun, tidak akan separah seperti mandul atau osteoporosis. Vaksin HPV mungkin hanya akan membuat tubuh menjadi pegal dan demam. Dan hal ini normal terjadi.