Ikuti Tips Berikut Untuk Hindari Kulit Berjerawat Akibat Gunakan Masker Kain

Meski sudah memasuki new normal, pemakaian masker dan menjaga kebersihan adalah suatu yang wajib agar terhindar dari penularan virus corona. Namun, penggunaan masker ini ternyata bisa berdampak pada kulit, lho. Ada yang mengalami kemerahan, iritasi, hingga muncul jerawat atau yang disebut dengan mascne.

Mask acne atau yang disingkat dengan mascne itu sendiri merupakan jenis acne mechanica yang sering dialami para atlet, remaja, hingga tentara yang sering menutupi beberapa area kulit. Salah satunya penggunaan masker kain yang saat ini sering menjadi alternatif karena stok masker medis sekali pakai yang masih sedikit.

Nah, agar kulit tetap terjaga dan terawat, ada beberapa tips simple yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Pilih bahan masker bebas pewarna
Berbagai toko bahkan online shop saat ini sudah menjual masker kain dengan berbagai motif. Nah, sebelum memilih mana masker yang digunakan sebaiknya cermati dulu bahan yang dipakai. Pilih masker yang bebas pewarna. Sebab, kulit lebih rentan mengalami reaksi dengan beberapa warna pewarna, terutama biru.

2. Cuci masker setiap hari
Saat membeli masker kain, sebaiknya juga beli untuk stok persediaan. Mengapa? Nah, masker kain itu sebaiknya sekali gunakan langsung dicuci, hal ini akan menjaga kebersihan dari masker itu sendiri dan mencegah munculnya jerawat mascne di wajah.

3. Hindari makeup tebal
Make up merupakan hal yang tidak pernah ketinggalan untuk menjaga penampilan. Ketika menggunakan masker, sebaiknya jangan memulas bagian yang tertutupi dengan riasan yang tebal. Hal ini akan menyebabkan kulit rentan jerawat dan iritasi.

Itulah ketiga tips yang dapat kamu lakukan agar kulit terhindar dari jerawat mascne. Agar kulit makin sehat dan terawat, jangan lupa untuk memerhatikan rangkain perawatan kulit lainnya.