Ingin Berbisnis Tapi Anda Introvert? Jangan Risau, Ikuti Tips Berikut Ini!

Ingin Berbisnis Tapi Anda Introvert? Jangan Risau, Ikuti Tips Berikut Ini!

Informasi Terkini – Banyak yang mengira bahwa seseorang yang introvert tidak suka bersosialisasi, sehingga mereka tidak cocok menjadi seorang pebisnis atau penjual. Padahal, orang introvert suka berada di antara orang-orang dan juga mengobrol. Hanya saja, mereka perlu menghilang sebentar setelahnya untuk memberikan waktu bagi diri sendiri. Kalau tidak, mereka bisa kehabisan energi. Oleh sebab itulah, seorang pebisnis introvert memiliki peluang yang sama untuk sukses karena mereka juga memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Mau tahu caranya?

1. Sediakan Waktu untuk Mengembalikan Energi

Jika Anda adalah seorang pebisnis introvert, Anda harus menerima kenyataan bahwa interaksi sosial dapat menguras energi. Tak ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya karena bisnis memerlukan interaksi. Jadi, pastikan jika Anda memiliki waktu untuk mengembalikan tenaga setiap hari walau hanya 10-15 menit sendirian. Ini sangat penting agar Anda dapat memberikan performa maksimal dengan baterai yang terisi penuh.

2. Fokus Pada Membangun Hubungan

Menjadi introvert bukan berarti Anda tidak mampu bersosialisasi sebaik seorang ekstrovert. Anda hanya bersosialisasi dengan cara yang berbeda. Pebisnis introvert cenderung melakukan interaksi perorangan atau dengan kelompok kecil. Hal ini akan mempermudah Anda untuk membangun hubungan bersama klien yang Anda prospek. Tak perlu buru-buru berjualan, luangkan waktu untuk memahami mereka. Sepertinya membuang-buang waktu, namun sebenarnya Anda sedang membangun hubungan yang kuat. Ingat, orang biasanya hanya membeli dari orang yang mereka kenal, sukai, dan percaya.

3. Gunakan Kemampuan Mendengar

Seorang introvert tidak banyak bicara. Mereka adalah pendengar, yang lebih suka mendengar kisah orang lain daripada menceritakan kisah mereka sendiri. Orang-orang biasanya dapat percaya dengan lebih mudah pada orang introvert. Tanpa dimintapun, mereka bisa bercerita banyak mengenai kehidupannya. Sebagai pebisnis dan penjual, ini tentunya sangat menguntungkan Anda, karena informasi dari calon klien dapat memberi gambaran mengenai apa yang mereka butuhkan.

4. Jangan Fokus pada Menjual, Tapi Fokuslah pada Konsep Konsultasi

Selain pendengar yang baik, introvert juga adalah seseorang yang suka berpikir mendalam. Dengan memiliki informasi dari calon klien, Anda dapat menggunakan pikiran kritis untuk mengetahui bagaimana produk Anda menjadi solusi bagi masalah mereka. Namun, gunakan pendekatan konsultatif dari sudut pandang masalah yang mereka hadapi. Edukasi mereka mengenai apa yang mereka butuhkan dengan keahlian Anda. Hal ini dapat membuat Anda menjadi sumber yang penting bagi mereka, yang tentunya akan semakin memperbesar peluang untuk menjual produk.

5. Jangan Takut untuk Closing

Banyak introvert yang merasa terlalu agresif ketika harus closing penjualan. Padahal, setelah semua proses perkenalan, diskusi, konsultasi, mendengarkan masalah, mencari solusi, dan menawarkan bantuan, Anda memang berhak untuk menawarkan bisnis. Kalau tidak mengatakanya, tentu saja Anda tidak akan mendapatkannya. Jangan takut, karena calon klien Anda bahkan mungkin tak merasa bahwa Anda terlalu agresif. Jadi, tak perlu-ragu untuk melakukan closing penjualan tanpa terburu-buru.