Ingin Berkunjung Ke Kota Gudeg? Simak Tips Traveling Murah Ke Yogyakarta Berikut Ini

Ingin Berkunjung Ke Kota Gudeg? Simak Tips Traveling Murah Ke Yogyakarta Berikut Ini

Informasi Terkini – Sudah pernah ke Yogyakarta? Jika sudah, pasti akan ada rasa kangen dan ingin kembali lagi untuk mengunjungi kota ini. Yogyakarta adalah kota budaya yang seakan tidak ada habisnya untuk dieksplor. Banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi dan makanan khas untuk dinikmati. Yogyakarta bisa menjadi salah satu kota pilihan yang dapat dikunjungi, bahkan dengan budget yang terbatas. Bagi Anda yang dalam waktu dekat ingin berkunjung ke Yogyakarta, kami berikan beberapa tips traveling murah ke Yogyakarta yang dapat Anda coba. Pastinya liburan tetap asyik dan menyenangkan. Apa saja? baca terus, ya!

1. Memilih Transportasi dan Penginapan dengan Bijak

Transportasi dan akomodasi adalah hal yang paling penting saat kita akan berlibur mengunjungi suatu daerah. Meskipun terdengar klise, tetapi memilih transportasi dan penginapan dengan bijak akan membuat liburan menjadi lebih hemat. Untuk menuju ke Yogyakarta, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif alat transportasi. Anda bisa rajin-rajin update info tiket promo dan langsung booking tiket pesawat menuju ke Bandara Adisutjipto sejak jauh-jauh hari. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kereta ke stasiun Tugu atau stasiun Lempuyangan dengan harga yang lebih terjangkau.

Sesudah urusan transportasi beres, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa pilihan tempat menginap selama berada di Yogyakarta. Untuk traveling hemat, sudah banyak penginapan nyaman dengan harga yang murah. Jika hendak berkunjung ke Yogyakarta bersama beberapa orang sahabat atau keluarga, Anda bisa memilih untuk menyewa guest house. Apabila memutuskan untuk melakukan solo traveling, banyak penginapan murah dan terjangkau di daerah sekitar Jalan Sosrowijayan atau Jalan Prawirotaman yang sudah banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

2. Berkeliling Yogyakarta dengan Trans Jogja

Trans Jogja adalah transportasi umum yang diluncurkan pertama kali tahun 2008 dan sampai saat ini sudah melayani hingga 17 Koridor untuk menghubungkan seluruh bagian DI Yogyakarta. Dengan tiket seharga Rp3.500, Trans Jogja bisa menjadi salah satu transportasi alternatif bagi Anda untuk menikmati perjalanan berkeliling kota Yogyakarta dengan nyaman. Berbagai tempat seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, Taman Pintar, Monumen Yogya Kembali, Kebun Binatang Gembira Loka, dan tempat wisata lainnya dapat dijangkau menggunakan Trans Jogja. Untuk menggunakan Trans Jogja, Anda perlu melihat jalur yang sudah tersedia yang dapat dilihat pada situs resmi milik Dinas Perhubungan Provinsi Yogyakarta.

3. Mencari Informasi tentang Destinasi Wisata Murah Bahkan Gratis

Kalau berlibur di Yogyakarta, Anda tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada. Banyak destinasi wisata murah bahkan gratis yang bisa Anda kunjungi. Destinasi wisata bebas biaya masuk alias gratis selain Malioboro yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Pinus di Imogiri, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ngobaran, Candi Ijo, Bukit Bintang, Tebing Breksi dan masih banyak lagi. Di tempat wisata tersebut, kita biasanya hanya perlu membayar biaya parkir dan membayar seikhlasnya untuk dana perawatan tempat. Untuk bisa mendapatkan banyak informasi tentang destinasi wisata dan event yang ada di Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi situs resmi milik Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Ini salah satu tips traveling murah ke Yogyakarta yang perlu Anda ikuti!

4. Makan ala Penduduk Lokal

Saat liburan, tentunya Anda tidak boleh sampai melewatkan untuk mencoba makanan khas dari daerah setempat. Walaupun lebih dikenal sebagai Kota Gudeg, masih banyak makanan khas lain yang harus Anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta seperti Bakpia, Lupis, Gatot, Thiwul, dan juga Jadah Tempe. Namun, jangan sampai uang liburan semuanya habis untuk makan saja, ya. Makanan khas yang enak di Yogyakarta tetap bisa dibeli dengan harga terjangkau, lho. Tidak harus masuk ke restoran mahal, banyak tempat sederhana menawarkan makanan khas dengan harga yang terjangkau. Supaya bisa lebih hemat, Anda bisa mencoba makan ala penduduk lokal dengan cara memilih untuk makan di tempat makan yang dekat dengan rumah-rumah penduduk dan banyak dikunjungi warga lokal. Selain itu, bisa juga mencari tempat makan yang dekat dengan kampus. Biasanya tempat makan di daerah tersebut menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau dan rasanya tetap nikmat. Hemat, deh!

5. Menawar Harga Saat Berbelanja

Membeli suvenir atau oleh-oleh adalah agenda wajib saat liburan. Salah satu tempat di Yogyakarta yang bisa dikunjungi untuk membelinya adalah Pasar Beringharjo. Di tempat tersebut, terdapat sistem tawar-menawar harga. Siapa bilang skill tawar-menawar saat belanja hanya bisa dilakukan oleh ibu-ibu? Untuk bisa menghemat pengeluaran saat liburan, Anda perlu belajar untuk bisa melakukannya juga, lho. Kalau tidak, Anda bisa mengeluarkan uang terlalu banyak untuk belanja, padahal seharusnya bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah. Traveling murah ke Yogyakarta, yuk!