Ingin Hidup Lebih Sehat Serta Berumur Panjang? Yuk, Ikuti ‘Hara Hachi Bu’ Ala Penduduk Jepang!

Ingin Hidup Lebih Sehat Serta Berumur Panjang? Yuk, Ikuti 'Hara Hachi Bu' Ala Penduduk Jepang!

Informasi Terkini – Sudah menjadi rahasia umum jika Jepang adalah negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Menurut data yang berhasil dihimpun oleh PBB di tahun 2010, rata-rata penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup hingga mencapai 82,73 tahun. Nah, di antara seluruh penduduk Jepang, penduduk Pulau Okinawa di Jepang yang paling memiliki angka harapan hidup tertinggi. Bahkan, dikatakan bahwa mereka bisa hidup hingga 100 tahun, lho! Karena inilah, berbagai penelitian telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk memecahkan rahasia atas kehidupan panjang mereka yang sehat. Kini, para peneliti akhirnya menemukan rahasia hidup panjang para penduduk Okinawa tersebut. Selama berabad-abad, mereka hidup dengan mengikuti prinsip ‘Hara Hachi Bu’. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Menjaga Asupan Makanan Secukupnya dengan Prinsip ‘Hara Hachi Bu’

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, ‘Hara Hachi Bu’ bisa diartikan mengisi perut Anda hingga 80% penuh saja. Ternyata, menjaga asupan makanan secukupnya bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan, umur panjang, serta mempertahankan tubuh tetap ramping, lho! Secara saintifik, makan berlebihan atau kenyang ternyata dapat membebani proses pencernaan Anda, sehingga membutuhkan waktu lama untuk memproses makanan. Hal ini ternyata turut mempercepat oksidasi sel dan berkontribusi pada penuaan dini pada tubuh secara keseluruhan.

Mengikuti prinsip ‘Hara Hachi Bu’ ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan. Selain membantu Anda untuk memiliki sistem pencernaan yang kuat, prinsip ini juga membantu menghindari obesitas, asam lambung yang terlalu tinggi, masalah pencernaan, serta gangguan metabolisme. Penduduk Okinawa, yang telah mengikuti prinsip ini selama berabad-abad, diketahui memiliki tingkat radikal bebas terendah di dalam darah mereka. Rendahnya tingkat radikal bebas di dalam darah Anda berarti turut menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker dan penyakit terkait usia lanjut lainnya.

Mempraktikkan Prinsip ‘Hara Hachi Bu’

Lalu, bagaimana tahapan awal yang mudah jika ingin mengikuti prinsip ‘Hara Hachi Bu’ ini? Anda dapat mempraktikkan 5 cara di bawah ini dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sekarang.

1. Mengatur Ulang Kapasitas Perut Anda

Jika terbiasa makan dalam jumlah yang banyak hingga kenyang, tentu awalnya Anda akan merasa sangat sulit dalam mempraktikkan ‘Hara Hachi Bu’. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur ulang kapasitas perut agar terbiasa dengan makanan dalam porsi yang jauh lebih kecil. Hal ini pun tidak bisa didapat dalam jangka waktu yang singkat. Dibutuhkan 15-20 kali makan hingga pada akhirnya perut Anda terbiasa makan dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Hindari Kondisi Terlalu Lapar

Makan dengan sadar tidak berarti Anda membuat diri Anda kelaparan untuk jangka waktu yang lama. Jika terlalu lapar, maka secara tidak sadar Anda akan makan dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Anda akan memilih aneka makanan yang kurang bergizi demi mengenyangkan perut Anda.

3. Makan dengan Perlahan

Makan secara perlahan dapat memastikan Anda merasa kenyang lebih cepat. Hindari makan terlalu cepat apalagi terlalu terburu-buru menelan, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat Anda merasa mudah lapar meskipun telah makan dalam jumlah yang cukup.

4. Jangan Melewatkan Konsumsi Sayuran Serta Buah-buahan

Jika Anda sering mengonsumsi karbohidrat dan protein, tentu Anda perlu menyeimbangkannya dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau serta buah-buahan. Anda perlu anti-oksidan agar kesehatan lebih terjaga sekaligus bonus awet muda, dan sayuran serta buah-buahan adalah sumber yang bagus untuk itu.

5. Pilihlah Piring Berukuran Kecil

Dengan menyantap makanan pada piring berukuran kecil, Anda bisa ‘membohongi’ perut Anda agar merasa kenyang. Mengapa? Ketika Anda mengonsumsi makanan di piring kecil, Anda akan merasa seolah-olah Anda makan dalam porsi yang banyak. Tak hanya itu, piring berukuran kecil juga membantu mengontrol porsi makanan Anda agar tetap sewajarnya dan tidak berlebihan.