Ingin Minta Kenaikan Gaji? Simak 5 Caranya Berikut Ini!

Ingin Minta Kenaikan Gaji? Simak 5 Caranya Berikut Ini!

Informasi Terkini – Merasa jenuh dalam suatu pekerjaan, terutama yang bekerja di suatu perusahaan atau organisasi terstruktur, adalah suatu hal yang biasa. Salah satu elemen yang membuat seseorang kembali semangat dalam bekerja adalah naik gaji. Apakah memungkinkan untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan? Jawabannya adalah, iya, sangat memungkinkan. Namun, Anda harus memerhatikan beberapa hal karena persoalan gaji adalah pembahasan yang cukup tabu di lingkungan kerja. Maka dari itu, simak tips-tips berikut sebelum mulai bernegosiasi.

1. Persiapkan Alasan Naik Gaji dengan Matang

Berpikir untuk meminta kenaikan gaji tentu karena Anda merasa pantas mendapatkannya. Tapi, seberapa pantaskah Anda mendapatkan kenaikan gaji? Anda harus memperhitungkan berbagai macam aspek terlebih dahulu. Kumpulkan pencapaian-pencapaian yang berhasil Anda lakukan selama di perusahaan tersebut. Siapkan argumen, alasan, dan contoh-contoh kasus untuk mendukung bahwa Anda berhak untuk mendapatkan kenaikan gaji.

2. Kenali Hasil Kerja Anda

Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memikirkan alasan untuk meminta kenaikan gaji. Tapi satu hal yang harus diperhatikan adalah hasil kerja Anda. Anda harus yakin bahwa hasil kerja Anda memiliki nilai lebih. Perihal negosiasi gaji, rendah diri adalah hal terakhir yang harus diperhatikan. Jangan malu untuk mengutarakan hasil kerja yang menurut Anda memiliki dampak yang baik untuk tim maupun perusahaan.

3. Riset Soal Gaji di Bidang Pekerjaan Anda

Selain mengumpulkan bukti seberapa pantas Anda naik gaji, ada baiknya untuk melakukan riset kisaran gaji di bidang pekerjaan Anda pada umumnya. Jangan sampai Anda bernegosiasi terlalu rendah atau pun terlalu tinggi. Riset bisa dilakukan dengan cara browsing atau bertanya kepada teman dan kolega terdekat. Hindari melakukan riset berdasarkan umur, karena umur tidak menentukan gaji seseorang. Ingat, lakukan pencarian berdasarkan bidang pekerjaan dan industri tempat Anda bekerja.

4. Bicara dengan Percaya Diri

Penyampaian saat mengajukan negosiasi kenaikan gaji adalah hal yang harus diperhatikan. Jika merasa ragu saat melakukan negosiasi, maka Anda tidak akan bisa meyakini atasan bahwa Anda pantas mendapatkan kenaikan gaji. Tetapi jangan sampai penyampaian Anda terkesan sombong. Perhatikan nada bicara dan jangan lupa untuk menyampaikan bahwa Anda berterima kasih telah diberi kesempatan tersebut. Disarankan untuk berlatih di depan cermin atau di depan orang yang Anda percaya sebelum mengajukan negosiasi tersebut.

5. Menerima Kemungkinan Akan Ditolak

Tidak semua negosiasi akan berakhir seperti yang diinginkan dan Anda harus mempersiapkan diri untuk itu. Yang perlu dipersiapkan adalah bagaimana cara menciptakan diskusi sehat dengan atasan agar Anda bisa mendapatkan yang diinginkan. Akan ada banyak kemungkinan hasil dari negosiasi tersebut dan apa pun hasilnya, pastikan bahwa Anda siap menerima dengan lapang dada karena sudah berusaha sebisa mungkin.