Ini Adalah Alasan Mengapa Kulit Gelap Lebih Sehat (dan Lebih Muda)

Ini Adalah Alasan Mengapa Kulit Gelap Lebih Sehat (dan Lebih Muda)

Informasi Terkini – Dermatologis mengelompokkan jenis kulit berdasarkan warna, tipe I adalah yang paling pucat hingga tipe VI adalah warna kulit yang paling gelap.

"Orang di golongan tipe empat atau lebih, memiliki lebih banyak melanin di kulit mereka yang melindungi mereka dari sinar matahari,” kata dokter kulit Monica Halem, MD, dari Columbia University, dikutip dari webmd.com. Seorang etnis Afrika berkulit hitam tipe VI, misalnya, tidak merasakan efek penuaan dari matahari sebanyak orang kaukasia pada umumnya yang berkulit terang berambut pirang, alias tipe satu.

Radiasi ultraviolet (UV) adalah faktor lingkungan utama yang mempengaruhi fungsi dan kelangsungan hidup berbagai jenis sel, dan dianggap sebagai faktor penyebab utama kanker kulit seperti karsinoma sel basa, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma ganas. Pigmentasi pada kulit dipercaya dapat melindungi dari efek buruk ini, karena melanin memiliki properti antioksidan dan penangkal radikal bebas. Banyak bukti penelitian yang menunjukkan bahwa orang dengan kulit lebih gelap memiliki tingkat kejadian kanker kulit yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang kulit putih.

Kolagen juga memainkan andil dalam melawan penuaan dini. Sementara melanin menyerap radiasi UV dan melindungi kulit dari dalam, kolagen adalah molekul pembentuk jaringan kulit yang bertindak memberikan perlindungan terhadap penyakit dan cedera. Semakin tebal kulit dan semakin banyak melanin yang terkandung di dalamnya, semakin baik pula perlindungan terhadap proses penuaan, termasuk timbulnya keriput dan garis halus. Maka dari itu, orang yang memiliki kulit lebih gelap sering terlihat lebih muda dari orang-orang berkulit pucat.

Meskipun begitu, orang-orang berkulit gelap tidak sepenuhnya terjamin dari kerusakan akibat sinar matahari. Maka dari itu, penting untuk selalu menggunakan pelembab kaya vitamin E dan C, serta tabir surya minimum SPF-30 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan, bahkan bagi Anda yang berkulit gelap.