Ini Alasan Anda Harus Memiliki Hewan Peliharaan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Depresi!

Ini Alasan Anda Harus Memiliki Hewan Peliharaan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Depresi!

Informasi Terkini – Apakah Anda memelihara hewan di rumah? Kalau ya, hewan apa yang Anda rawat? Biasanya, hewan yang dijadikan favorit untuk dipelihara adalah kucing, anjing, hamster, burung, hingga ikan. Sebenarnya, memiliki hewan peliharaan tidak wajib kok. Namun, tahu tidak, ternyata ada beberapa manfaat dari memelihara hewan lho. Tak hanya untuk kesehatan jiwa, namun juga untuk pembentukan kepribadian!

1. Mengajarkan Tanggung Jawab dan Disiplin

Di beberapa sekolah di luar negeri, terutama di tingkat dasar, anak-anak diwajibkan untuk merawat beberapa hewan yang ada di sekolahnya. Hewannya pun beragam, ada ikan, ayam, hingga kelinci. Meski sekilas terlihat hanya untuk ‘lucu-lucuan’, namun metode ini diadakan untuk memberi pelajaran bagi para muridnya mengenai rasa tanggung jawab.

Ketika memelihara makhluk hidup atau ditugaskan untuk merawatnya, Anda harus berkomitmen untuk bertanggung jawab sepenuhnya untuk pengurusan hidupnya. Anda harus memastikan makanan dan minumannya tersedia, Anda harus rajin membersihkan kandangnya, Anda pun juga harus mau meluangkan waktu untuk bermain bersama mereka. Selain tanggung jawab, Anda juga belajar untuk lebih disiplin, seperti memberi makan hewan pada jam-jam tertentu atau mengajak anjing berjalan-jalan tiap pagi.

2. Menumbuhkan Rasa Sayang Pada Sesama Makhluk Hidup

Memiliki hewan peliharaan juga bisa menumbuhkan perasaan sayang dan kepedulian terhadap sesama lho. Mereka yang memelihara hewan kerap tak memandang hewan hanya sebagai penjaga rumah atau gaya-gayaan semata. Hewan peliharaan kerap dijadikan teman dan karena itu, tumbuhlah rasa sayang. Tak hanya pada hewan, rasa sayang ini juga berlaku pada orang-orang di sekitarnya. Jika Anda punya teman yang sangat menyayangi hewan peliharaannya, meski dari luar terkesan cuek, mereka pasti punya jiwa asli yang penyayang dan perhatian!

3. Mengatasi Depresi

Beberapa kasus membuktikan, bahwa depresi bisa ‘membunuh’ seseorang. Selain memperbaiki kesehatan mental Anda, salah satu cara untuk mengatasi depresi yang berlarut-larut adalah dengan memelihara hewan. Di luar negeri, hewan peliharaan yaitu anjing, biasa dijadikan sebagai terapi depresi oleh beberapa yayasan. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa memeluk anjing dan mengelus bulunya bisa mendatangkan manfaat untuk Anda dan si hewan. Gerakan menenangkan ini akan merangsang hormon oksitosin. Hormon inilah yang berfungsi sebagai pereda stres dan kecemasan berlebih. Dengan begitu, tekanan darah bisa kembali normal.