Ini Dia Berbagai Ciri Sosiopat, Gangguan Mental Yang Perlu Diwaspadai

Ini Dia Berbagai Ciri Sosiopat, Gangguan Mental Yang Perlu Diwaspadai

Informasi Terkini – Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena tidak dapat hidup sendiri tanpa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Namun ternyata ada orang yang mengalami gangguan mental karena cenderung menutup diri dan tidak bisa beradaptasi dengan orang lain serta norma-norma yang berlaku. Orang-orang yang menunjukkan sikap seperti ini biasanya dikatakan sebagai anti sosial. Dalam istilah psikologi dan kesehatan, kondisi gangguan mental ini disebut dengan sosiopat. Seringkali disamakan atau dikaitkan dengan gangguan mental psikopat, ternyata seseorang yang mengalami kondisi sosiopat menunjukkan ciri yang berbeda, lho. Apa saja?

1. Merasa diri paling benar

Salah satu ciri yang ditunjukkan oleh orang yang mengalami sosiopat adalah memiliki ego yang sangat besar, sikap merasa paling benar serta menganggap pendapat maupun pandangan orang lain sesuatu yang salah. Sikap tidak merasa bersalah ini akan tetap ditunjukkan walaupun dirinya telah melakukan kesalahan, bahkan lebih parah lagi seorang sosiopat bisa menyalahkan orang lain atas kesalahan yang telah dilakukannya.

2. Tidak memedulikan orang sekitar

Seorang yang mengalami gangguan mental sosiopat cenderung tidak memiliki rasa empati dan peduli dengan perasaan maupun kondisi yang dialami oleh orang disekitarnya. Mereka mengutamakan diri sendiri daripada orang lain, bahkan bisa menempatkan orang lain dalam bahaya demi keselamatannya sendiri. Orang-orang yang mengalami gangguan mental ini tidak bisa mempertahankan hubungan dalam waktu yang lama, walaupun dapat dikatakan mudah dalam menjalin hubungan dengan orang baru.

3. Memiliki kepribadian yang menarik

Walaupun tidak bisa mempertahankan hubungan dengan orang lain, seorang sosiopat cenderung mudah untuk memiliki hubungan yang baru karena menunjukkan sikap yang baik hanya di awal menjalin hubungan saja. Padahal pada dasarnya seorang sosiopat adalah seseorang yang memiliki sifat anti sosial. Karenanya, orang-orang dengan gangguan mental ini akan menunjukkan sikap baik untuk mendapatkan simpati dari orang lain dan mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Namun, bukan berarti seseorang yang berkepribadian baik semuanya cenderung memiliki sikap sosiopat, lho.

4. Mengabaikan norma sosial

Pada dasarnya seseorang yang mengalami kondisi gangguan mental sosiopat memiliki sifat anti sosial dan tidak suka berinteraksi dengan orang lain. Mereka cenderung tidak memiliki simpati dan tidak peduli dengan keadaan di sekitarnya, sehingga bagi mereka peraturan dan norma yang ada bukanlah sesuatu yang penting untuk ditaati. Selain itu, seorang sosiopat juga memiliki kecenderungan bersikap impulsif dan tidak bertanggung jawab yang biasanya ditunjukkan dalam beberapa aspek kehidupan lainnya, seperti kewajiban sosial dalam pekerjaan, sekolah, maupun urusan keuangan.

5. Manipulatif

Ciri lain yang ditunjukkan oleh seorang sosiopat adalah sifat manipulatif untuk memanfaatkan orang lain demi kepentingannya sendiri. Untuk dapat memanipulasi orang lain, seorang sosiopat biasanya memiliki kecerdasan atau IQ di atas rata-rata. Mereka mengetahui cara mencari kesalahan dan kelemahan orang lain, sehingga dapat memanfaatkannya. Tidak sulit bagi mereka untuk memalsukan perasaan dan gemar berbohong dengan tujuan menarik simpati Anda. Selain itu, seorang sosiopat gemar berbohong tentang masa lalunya dan berdelusi atau menganggap semua yang dikatakannya adalah kebenaran.