Ini Dia Godaan Berat Saat Puasa. Pernah Mengalaminya?

Ini Dia Godaan Berat Saat Puasa. Pernah Mengalaminya?

Informasi Terkini – Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi semua umat Muslim. Selama satu bulan penuh, kita harus bisa menahan lapar dan haus dari sebelum terbit hingga terbenamnya matahari. Namun, tak hanya harus menahan haus dan lapar, kita juga harus mengontrol emosi dan nafsu. Nah, sebagai orang yang menjalankan ibadah puasa, tentu Anda sering menghadapi berbagai godaan selama puasa, kan? Berikut ini lima godaan berat yang bisa dihadapi saat berpuasa. Apakah pernah mengalaminya?

1. Sering Ngantuk

Tak bisa dipungkiri, selama bulan puasa waktu beristirahat memang berkurang. Hal ini disebabkan karena kita harus bangun sahur saat dini hari dan membuat jam tidur malam terganggu. Setelah sahur pun waktu tidur juga tidak banyak karena harus kembali beraktivitas di pagi hingga sore hari. Kurangnya jam tidur pun berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari karena rasa ngantuk yang tidak tertahankan. Nah, untuk mengurangi rasa ngantuk ini, Anda bisa memanfaatkan waktu jam makan siang untuk tidur selama 20-30 menit agar tubuh terasa segar.

2. Membicarakan Orang Lain

Kalau sudah berkumpul dengan teman-teman, pasti banyak hal yang dilakukan. Salah satu yang tidak bisa dihindari adalah membicarakan orang lain. Mungkin pada awalnya kita tidak berniat membicarakannya, tapi karena obrolan yang semakin seru membuat kita kemudian melakukannya. Memang, membicarakan orang lain atau bergunjing tidak boleh dilakukan meskipun bukan bulan Ramadan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari berkumpul dengan teman-teman jika pada akhirnya membuat Anda bergunjing.

3. Malas Gerak

Tidak mendapat asupan makanan selama seharian membuat tubuh kita lemah sehingga menjadi cepat lelah. Tak jarang hal ini membuat kita mager alias malas gerak karena merasa tak bersemangat untuk melakukan kegiatan lainnya. Bahkan banyak orang yang menghindari olahraga di bulan puasa. Padahal tubuh kita tetap perlu bergerak agar tetap sehat menjalankan ibadah, lho! Tidak perlu olahraga berat, cukup dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti naik-turun tangga.

4. Menahan Amarah

Emosi yang kita rasakan memang sebaiknya dikeluarkan agar tidak menjadi beban di dalam hati. Namun, emosi berupa rasa marah yang kita rasakan bisa membuat diri menjadi hilang kendali. Akibatnya tentu tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga bisa membuat orang lain sakit hati. Selama berpuasa, kita perlu menahan diri untuk tidak mudah meluapkan amarah. Mungkin terasa mengganjal di dalam hati, tapi kita bisa menguranginya dengan menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam.

5. Lapar Mata

Menjelang waktu berbuka, banyak orang yang sengaja keluar rumah mencari takjil atau hidangan berbuka yang mudah dijumpai di pinggir jalan. Banyak sekali aneka makanan dan minuman dengan ragam jenis dan pilihan. Karena perut yang lapar, tak jarang kita membeli banyak sekali makanan maupun minuman. Begitu waktu berbuka tiba, perut mudah kenyang hanya dengan mengonsumsi beberapa potong makanan. Takjil yang sudah dibeli pun menjadi sia-sia karena perut tak sanggup lagi menerima makanan. Nah, Anda pasti pernah mengalaminya, kan? Agar tidak mubazir, sebaiknya belilah makanan dan minuman secukupnya.