Ini Jenis Makanan Yang Bisa Merusak Gigi Anda

Ini Jenis Makanan Yang Bisa Merusak Gigi Anda

Informasi Terkini – Menjaga gigi itu susah-susah gampang. Meski sering dipakai tiap hari, banyak yang sering melupakan kebersihan gigi. Entah karena lupa atau malas, keduanya punya andil besar untuk membuat gigi menjadi rusak. Selain jarang disikat, ada beberapa faktor yang membuat gigi Anda cepat rusak, yaitu makanan atau minuman yang dikonsumsi. Nah, mau tahu apa saja menu makanan yang bisa merusak gigi Anda dan sebaiknya jarang disantap?

1. Buah-buahan Berry

Buah dengan pigmen warna kuat seperti buah berry bisa meninggalkan warna pada gigi. Yang harus Anda tahu, tiap makanan yang bisa meninggalkan noda di baju putih, maka juga bisa meninggalkan noda di gigi. Ada baiknya jika Anda langsung gosok gigi begitu selesai makan buah berry. Dengan begitu, senyum Anda tetap putih maksimal.

2. Minuman Bersoda

Saking bahayanya, soda bisa merusak gigi hingga tiga kali lipat daripada makanan lain. Saat minum soda, gigi serasa dimandikan dengan gula dan itu berarti memberi tempat nyaman buat bakteri berkembang. Bakteri lalu merusak enamel gigi jika soda dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Minuman soda mengandung asam, yang sayangnya merupakan musuh utama enamel.

3. Alkohol

Alkohol bertanggung jawab penuh pada kerusakan gigi, paling utama menyebabkan lubang gigi. Bagi yang sesring mengkonsumsi alkohol, mereka pasti tahu hal ini. Pada kasus alkohol, bukan gula atau pigmen yang bisa merusak. Alkohol bisa memicu mulut kering, dan ini penyebab gigi membusuk. Lebih lanjut, gigi bisa terinfeksi dan akibatnya pelindung gigi hilang.

4. Roti

Yang jarang diketahui, roti juga bisa jadi penyebab gigi berlubang. Begitu roti sudah masuk mulut dan mulai dikunyah, enzim pada saliva akan memecah zat tepung dan langsung mengubah jadi zat gula. Remahan roti bisa terselip di antara gigi dan jadi santapan empuk untuk bakteri. Parahnya, roti juga bisa menyebabkan mulut jadi kering.

5. Buah Kering

Meski buah kering adalah makanan sehat, tapi ada efek tak baik bagi gigi saat dikonsumsi. Buah kering seperti kismis dan prem, sebenarnya terlalu keras untuk gigi. Buah seperti ini bisa masuk ke celah gigi dan meninggalkan banyak gula alami dengan konsentrat tinggi pada prosesnya. Sisa buah akan melekat kuat di gigi dan memicu nyeri gigi.

6. Es

Minuman apa saja bisa terasa segar ya jika diberi es. Rasa dingin yang dihasilkan memang menggoda, tapi ada nyeri di balik kenikmatannya. Memang benar, es terbuat dari air dan tidak mengandung gula atau zat lain. Tapi kerasnya es bisa merusak enamel gigi dan rasa dinginnya bisa membuat gigi jadi rapuh hingga mengakibatkan gigi retak.