Intip Alasan Dari Dermatolog Yang Akan Membuat Anda Tak Lagi Malas Mencuci Wajah

Intip Alasan Dari Dermatolog Yang Akan Membuat Anda Tak Lagi Malas Mencuci Wajah

Informasi Terkini – 1. Menghilangkan kotoran dan debu

Manfaat umum dari mencuci wajah adalah menghilangkan kotoran, debu, dan minyak yang tidak diinginkan. Sepanjang hari, kulit wajah Anda terus menerus terpapar oleh bakteri, polusi, virus, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Mencuci wajah setiap hari secara teratur mampu menghilangkan kotoran-kotoran tersebut. Tanpa mencucinya, kulit akan ditutupi dengan lapisan kotoran yang tebal, sehingga menyulitkan produk perawatan kulit untuk menembus kulit dengan sempurna.

2. Meningkatkan hidrasi

Membersihkan wajah secara teratur bersamaan dengan penggunaan pelembap juga merupakan faktor penting dalam membantu kulit mempertahankan tingkat hidrasi yang baik. Kulit dehidrasi akan terlihat dan terasa kasar, kusam, dan menua. Mencuci wajah dapat membantu mengelola kadar pH kulit, sehingga memungkinkan air yang cukup dan penyimpanan produk perawatan di dalam kulit.

3. Menjaga kebersihan kulit

Kelenjar kecil di bawah kulit menghasilkan minyak yang disebut sebum untuk melindungi kulit dari kotoran. Kelenjar ini menggunakan folikel rambut di dalam kulit sebagai jalur yang memungkinkan minyak mencapai lapisan luar kulit untuk membentuk penghalang, guna mencegah penembusan bakteri atau bahaya lainnya. Kotoran berlebih yang menumpuk pada permukaan kulit dapat menyebabkan penyumbatan folikel, menahan sebum, berkeringat, dan sel-sel kulit mati. Kurangnya sebum pada permukaan kulit memungkinkan bakteri untuk menembus folikel yang dapat menyebabkan peradangan, sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat. Mencuci wajah secara teratur dapat membersihkan pori-pori yang mencegah penumpukan kotoran, memungkinkan minyak sebum untuk mencapai permukaan kulit tanpa hambatan.

4. Apa yang akan terjadi jika berhenti membersihkan wajah?

Saat seseorang berhenti mencuci wajah, maka pori-pori akan tersumbat, sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat. Kulit juga bisa mengalami kemerahan, kering, dan iritasi akibat kekurangan hidrasi yang pada akhirnya akan terlihat kotor, berminyak, dan menua secara signifikan. Kulit pun akan terasa gatal, sehingga Anda akan dipaksa untuk terus menerus menggaruk wajah dan mengakibatkan kerusakan pada kulit. Jadi, pesan penting yang dapat Anda petik dari poin ini adalah bersihkan kulit wajah dengan benar, ya!

5. Memiliki banyak manfaat

Buang jauh-jauh rasa malas mencuci wajah selepas beraktivitas jika ingin kulit terbebas dari jerawat, tampak cerah, dan sehat. Membersihkan wajah secara teratur memiliki banyak manfaat, di antaranya menjaga kulit terlihat sehat dan bersinar, membantu produk dan perawatan anti aging bekerja dengan baik, membantu menjaga ukuran pori-pori, dan mendorong hidrasi kulit serta mencegah produksi minyak berlebih.