Intip Kesalahan Perawatan Rambut Yang Sebaiknya Dihindari Bagi Kamu Pemilik Rambut Tipis

Intip Kesalahan Perawatan Rambut Yang Sebaiknya Dihindari Bagi Kamu Pemilik Rambut Tipis

Informasi Terkini – Memiliki rambut tipis memang agak merepotkan. Selain harus pandai-pandai menatanya agar terlihat bervolume, Anda juga perlu merawatnya dengan baik untuk mencegahnya dari kerontokan. Nah, supaya perawatan rambut yang Anda lakukan memberikan hasil yang maksimal, ada beberapa kesalahan perawatan rambut yang sebaiknya dihindari oleh pemilik rambut tipis. Apa saja?

1. Mengikat rambut dalam kondisi basah

Dalam kondisi basah, rambut cenderung menjadi lebih rapuh. Maka itu, menata atau mengikat rambut saat masih basah sangat tidak disarankan karena dapat membuat rambut patah dan rusak, khususnya bagi Anda yang memiliki rambut tipis. Jika Anda sedang terburu-buru sehingga harus menata rambut ke belakang, sebaiknya gunakan ikat rambut berlapis kain yang longgar, bando, atau jepit rambut.

2. Menggunakan hair oil dalam jumlah yang berlebihan

Menutrisi rambut menggunakan vitamin atau hair oil memang akan bermanfaat untuk rambut tipis Anda. Namun, Anda harus lebih jeli dalam memilih produk karena ada beberapa produk yang teksturnya cenderung berat sehingga dapat membuat rambut Anda menjadi lepek dan tidak bervolume. Untuk Anda yang memiliki helaian rambut tipis, pilih hair oil yang teksturnya ringan, mudah menyerap, dan gunakan dalam jumlah secukupnya, ya!

3. Tidak menggunakan kondisioner

Banyak wanita yang memiliki rambut tipis enggan menggunakan kondisioner karena khawatir rambutnya akan terlihat semakin tidak bervolume. Namun, sebenarnya hal ini tidak akan terjadi bila Anda memilih kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Kondisioner khusus untuk rambut tipis akan diformulasikan dengan kandungan yang mampu menebalkan atau menguatkan helaian rambut, seperti gliserin, silikon, atau keratin.

4. Mencuci rambut berlebihan

Alih-alih memberikan manfaat baik, terlalu sering mencuci rambut justru akan menyebabkan kerusakan bagi rambut. Beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada rambut jika Anda terlalu sering keramas adalah rambut semakin kering, tipis, dan rapuh. Kerusakan ini pun akan semakin buruk dampaknya bila Anda memiliki rambut yang tergolong tipis. Kurangi frekuensi keramas Anda menjadi 2-3 hari sekali, ya!

5. Hindari memotong rambut

Menunda potong rambut karena khawatir rambut akan terlihat semakin tipis? Tak perlu khawatir, rutin memotong rambut akan memberikan banyak manfaat untuk rambut Anda. Rambut akan memiliki ujung yang baru sehingga terlihat lebih tebal, serta kesehatan rambut juga akan lebih terjaga karena terhindar dari ujung bercabang. Selain itu, Anda juga bisa memilih model layer untuk memberikan kesan rambut lebih tebal.