Jaga Kesehatan Selama Traveling Dengan 5 Tips Berikut Yang Tak Boleh Dilupakan

Jaga Kesehatan Selama Traveling Dengan 5 Tips Berikut Yang Tak Boleh Dilupakan

Informasi Terkini – Liburan adalah waktunya Anda bersenang-senang dan asyik menjelajah destinasi menarik. Tentu, bukan waktunya Anda untuk terbaring lemas dengan kepala yang terasa berat dan hidung berair, kan? Namun, memang ada saja beberapa faktor yang membuat tubuh Anda tiba-tiba terasa tidak fit, misalnya saja cuaca yang kurang bersahabat. Duh! Pasti tidak enak deh kalau sampai sakit saat traveling atau berlibur. Bisa-bisa itinerary yang sudah Anda susun hanya akan menjadi ‘pajangan’ saja. Nah, supaya Anda tetap fit, coba 5 tips berikut untuk jaga kesehatan selama traveling.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Saat berada dalam pesawat, perjalanan berjam-jam, atau setelah beraktivitas seharian, cairan tubuh Anda akan berkurang. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi, kelelahan, kram otot, hingga sakit kepala. Tentu Anda tidak mau dong waktu liburan Anda diganggu dengan akibat-akibat tersebut? Nah, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, solusinya mudah, kok! Anda hanya perlu mengonsumsi air putih yang cukup. Untuk menghemat biaya saat traveling, Anda bisa membawa botol minum sendiri dan mengisinya di keran air minum yang tersedia.

2. Jangan Melewatkan Jam Makan

Perbedaan waktu terkadang membuat tubuh Anda sulit untuk menyesuaikan diri. Tidak hanya berdampak pada jam tidur, terkadang jet lag juga mempengaruhi pola makan Anda, lho! Bukan tidak mungkin ketika waktunya makan siang, Anda malah merasa sangat mengantuk dan tidak lapar. Namun, sebaiknya Anda tetap mengikuti waktu makan daerah setempat dan jangan sampai malah tidak makan, ya! Sama halnya jika Anda merasa lelah di pagi hari karena terlalu sibuk beraktivitas di hari sebelumnya. Meskipun capek dan mengantuk, Anda tetap harus sarapan jika ingin jaga kesehatan selama traveling.

3. Bawa Vitamin Serta Obat-obatan Pribadi

Untuk menjaga kesehatan sekaligus memperkuat sistem daya tahan tubuh selama traveling, Anda bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen. Jika Anda masih bingung vitamin apa yang harus Anda bawa, Anda bisa mencoba vitamin C yang memang terkenal akan khasiatnya untuk meningkatkan antibodi. Vitamin C juga dapat membantu mencegah penyakit flu, lho! Untuk berjaga-jaga dan ketimbang harus pusing mencari obat di apotek dengan bahasa yang tidak Anda pahami, pastikan Anda selalu membawa obat-obatan pribadi Anda dari rumah, terutama untuk Anda yang memang sehari-hari harus mengonsumsi obat secara rutin.

4. Berhati-Hati Memilih Makanan

Selain tidak boleh melewatkan jam makan, Anda juga dapat jaga kesehatan selama traveling dengan berhati-hati memilih makanan. Mencoba makanan khas setempat atau kuliner unik selama traveling memang seru, namun selalu pastikan dulu kebersihannya, terutama jika Anda memilih untuk membeli street food atau makanan dari penjaja di pinggir jalan. Anda bisa melihat tips memilih makanan yang aman agar tubuh tetap sehat selama traveling selengkapnya di sini. Oh, iya, jika Anda memiliki pantangan makanan atau alergi, jangan ragu untuk selalu mengecek komposisi atau menanyakan bahan makanan sebelum membeli, ya!

5. Kenakan Pakaian yang Sesuai

Tinggal di negara tropis, Anda tentu sudah terbiasa dengan cuaca panas terik. Namun, lain halnya apabila destinasi traveling Anda adalah negara yang cucacanya bertolak belakang dengan Indonesia. Apalagi jika Anda berlibur saat musim dingin. Tanpa mempersiapkan pakaian yang tepat, dijamin Anda akan beku kedinginan selama liburan dan berujung pada sakit flu. Nah, untuk jaga kesehatan saat traveling, pastikan Anda sudah membawa atau mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi destinasi liburan Anda, ya! Untuk jaga-jaga, selalu siapkan jaket atau sweater dalam tas kabin Anda. Jangankan salju, terkadang AC di bandara juga terasa seperti musim dingin, bukan?