Jagung Ungu? Bagaimana Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Pernahkah kamu mendengar atau mengonsumsi jagung ungu? Beberapa orang mungkin akan menyebutnya sebagai jagung biru. Tetapi, hal ini tidak masalah. Sebab, hal ini hanya masalah soal penyebutan saja.
Nah, bagi kamu yang belum tahu, jagung ungu merupakan spesies yang sama dari jagung biasa tetapi menghasilkan biji yang berwarna ungu hingga dalam. Dalam jagung ini dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, anti-inflamasi, hingga menurunkan risiko kanker.
Bukan hanya itu, warna alami dari jagung ungu juga mengandung jenis antioksidan, seperi Peonidin, Pelargonidin, Cyanidin-3-Glucoside.
Berikut ini manfaat mengonsumsi jagung ungu:
Sifat anti kanker
Dalam penelitian yang diteliti oleh Ohio State University mengungkapkan bahwa anthocyanin yang merupakan ekstrak dari jagung ungu dapat membunuh 20% sel kanker in vitro. Dalam meneliti ini, peneliti juga membandingkannya dengan anthocyanin dari sumber tanaman lain, seperti wortel ungu, anggur, lobak, serta buah beri.
Obesitas
Sementara sebuah studi yang telah dilakukan di Universitas Doshisha di Jepang menemukan bahwa diet dari C3G dapat mencegah obesitas. Hal ini telah dilakukan pada tikus percobaan. Peneliti berharap hal ini juga dapat terbukti dan terjadi pada manusia.
Sifat anti-inflamasi (Peradangan)
Penelitian yang telah dilakukan di Universitas Tokai Gakuen di Jepang menemukan bahwa C3G dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi yang kuat. Hal ini juga bisa menurunkan rasa sakit atau nyeri saat peradangan.