Jangan Anggap Sepele, Ibu Hamil Yang Kurang Tidur Bisa Alami Ini

Tidak hanya menjaga janin yang dikandungnya, ibu hamil juga perlu memperhatikan waktu tidur untuk mereka. Pasalnya, ibu hamil yang kurang tidur bisa mengalami beberapa hal ini.

1. Stres

Waktu tidur yang kurang akan membuat orang menjadi mudah mengalami emosional. Jika hal ini terjadi, ibu hamil akan mudah mengalami stres yang akhirnya akan menganggu tumbuh kembang janin di dalam kandungannya.

2. Menimbulkan darah tinggi

Tidur memang waktu terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari segala hal yang menyibukkan. Nah, jika ibu hamil tidak memiliki tidur yang cukup maka tubuh dan otak pun akan cepat lelah dan stres. Lama-kelamaan hal ini pun akan mengubah hormon endothelin dan vasopressin yang mempengaruhi peningkatan tekanan darah. Hal ini pun diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, Amerika Serikat.

3. Menurunkan sistem imunitas

Ibu hamil yang kurang tidur akan rentan terhadap kerusakan pada sel-sel darah putih yang kemudian mempengaruhi sistem imunitasnya. Jika hal ini terjadi, ibu hamil akan mudah terserang penyakit dan akan menjadi bahaya pada janinnya.

4. Mengakibatkan kontraksi

Karena sistem imunitas ibu hamil akan mudah menurun jika tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka mereka akan rentan mengalami kontraksi rahim.

5. Keguguran atau melahirkan prematur

Menyambung poin di atas, ibu hamil yang mengalami kontraksi harus waspada. Jika hal ini terjadi di trisemester pertama, hal ini mungkin akan meningkatkan keguguran. Sementara, jika hal ini terjadi di trisemester ke-2 dan ke-3 bisa memicu persalinan bayi secara prematur.

Itulah bahayanya kurang tidur bagi ibu hamil. Nah, agar tidak kejadian pada Anda, sebaiknya selalu atur waktu agar tidak lelah dan tidur yang cukup, ya.