Jangan Banyak Konsumsi Tomat, Ini Penyebabnya

Jangan Banyak Konsumsi Tomat, Ini Penyebabnya

Informasi Terkini – Tomat memang memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh. Banyaknya nutrisi dan vitamin yang ada dalam tomat membuatnya mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh manusia. Namun, jangan salah, meski bermanfaat mengonsumsi tomat terlalu banyak tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan efek samping seperti berikut ini.
1. Diare
Kamu yang sering mengonsumsi tomat mentah harus waspada terhadap bakteri salmonella. Sebab, dalam penelitian yang ada, tomat bisa terkontaminasi oleh bakteri bila kurang dijaga kebersihannya.
2. Batu ginjal
Kandungan oksalat dan kalsium yang ada dalam tomat bisa membuat pembentukan batu ginjal dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh yang tidak bisa memecah banyaknya nutrisi yang masuk dan akibatnya menumpuk dalam tubuh.
3. Nyeri sendi
Kandungan solanin yang terdapat dalam tomat bisa menyebabkan peradangan sehingga beresiko nyeri pada tubuh.
4. Asam Lambung
Tomat mengandung asam nitrat dan malat yang dapat membahayakan bagi penderita gangguan pencernaan. Banyaknya konsumsi tomat bisa menyebabkan kandungan ini menumpuk dalam perut dan kamu bisa mengalami mulas atau asam lambung.
5. Perubahan warna kulit
Tomat mengandung likopen yang sebenarnya baik untuk kesehatan jantung. Tapi, banyaknya likopen yang masuk bisa mengubah warna kulit. Cukup konsumsi tomat sekitar 75 miligram per hari untuk mencegahnya.
6. Alergi
Histamin dalam tomat memang bisa menguatkan sistem imun tubuh untuk mecegah ancaman penyakit dari luar. Tapi, banyaknya konsumsi tomat bisa menyebabkan ruam hingga alergi pada tubuh.