Jangan Buang Dulu, Ini Manfaat Biji Semangka

Ketika cuaca sedang terik, mengonsumsi buah semangka memang akan bikin ketagihan. Apalagi, semangka merupakan buah yang banyak kandungan airnya sehingga membuat kita semakin terhidrasi. Nah, selagi makan semangka kita seringkali akan membuang bijinya ke tempat sampah. Tapi tunggu dulu, ternyata biji semangka itu punya manfaat tersendiri lho bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam biji semangka dapat menjadi keuntungan bagi kita yang mengonsumsinya. Untuk membuatnya bisa dikonsumsi, kita perlu mengolahnya terlebih dahulu dengan memasak, menggilingnya, atau memanggangnya.

Daripada kepo apa keuntungan yang bisa didapatkan, inilah ulasannya.

1. Menyehatkan jantung

Biji semangka yang dikonsumsi mengandung magnesium. Hal ini dapat berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ada juga asam amino citrulline yang dapat memberikan kelancaran pada peredaran darah di arteri. Kamu dapat mencegah dan merawat jantung koroner. Untuk mengonsumsinya, cukup sisihkan biji semangka dan keringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Lalu, rebus dengan air secukupnya dan minum setiap hari secara rutin.

2. Menjaga gula darah

Selain untuk jantung, magnesium juga baik untuk menstabilkan tekanan darah. Dalam biji semangka terdapat setidaknya 556 mg jumlah magnesium yang dapat melengkapi 139 persen kebutuhan tubuh akan magnesium sehari-hari. Jika tubuh kekurangan magnesium dapat mengakibatkan terjadinya hipertensi atau tekanan darah naik.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sementara itu, biji semangka juga mengandung zat besi dan mineral. Kandungan ini baik untuk memperkuat sistem imun tubuh apalagi dalam kondisi pandemi yang seperti ini. Cukup mengonsumsinya dengan cara memanggang, kamu akan mendapat manfaat tersebut.

4. Meningkatkan kesuburan pria

Tahu gak kalau biji semangka juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan para pria. Nah, jika belum coba dulu untuk mengonsumsinya karena didalamnya terdapat seng dan mineral penting yang bermanfaat.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.