Jangan Lupa Cuci Baju Baru Untuk Lebaran Sebelum Dipakai Ya!

Jangan Lupa Cuci Baju Baru Untuk Lebaran Sebelum Dipakai Ya!

Informasi Terkini – Setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing dalam menyambut datangnya Lebaran. Jika di Turki identik dengan perayaan Şeker Bayramı, Indonesia lebih identik dengan takbir keliling. Nah, selain takbir keliling, sebenarnya Indonesia masih punya tradisi unik lainnya, yaitu mengenakan pakaian baru saat Lebaran. Apa Anda termasuk yang menjalani tradisi tersebut?

Berhubung Lebaran sebentar lagi, lebih baik segera cari baju baru untuk merayakannya. Selain karena pertokoan cenderung sangat ramai menjelang Lebaran, Anda juga butuh waktu untuk mencuci pakaian baru tersebut sebelum mengenakannya. Lebih dari sekadar untuk menghilangkan “bau toko”, ternyata ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu mencuci pakaian baru sebelum dikenakan. Apa saja?

1. Mencegah lunturnya pewarna ke kulit atau kain lainnya

Pakaian baru sering kali mengalami kelunturan waktu pertama kali dicuci. Hal ini disebabkan oleh adanya pewarna ekstra pada kain yang membuat warna pakaian lebih pekat saat dijual. Nah, jika tidak dicuci terlebih dahulu, pewarna ini dapat luntur ke tubuh atau ke kain lain yang Anda gunakan. Selain merusak, ada beberapa orang yang alergi terhadap jenis pewarna ini, sehingga dapat menimbulkan ruam gatal yang cukup parah pada kulit.

2. Mencegah berpindahnya bakteri atau kutu

Meski masih baru dan berasal dari toko, bukan berarti pakaian yang Anda beli 100% bersih. Sebaliknya, pakaian ini justru berpotensi menyimpan banyak bakteri, baik itu yang berasal dari udara maupun yang berasal dari tubuh orang lain. Ingat, lho! Mungkin sudah ada sejumlah orang yang telah mencoba pakaian tersebut sebelum Anda beli. Lebih buruk lagi, ada juga potensi tersebarnya kutu dan penyakit kulit melalui pakaian tersebut.

3. Membilas zat kimia yang tertinggal pada pakaian

Kain yang sudah diolah menjadi bentuk pakaian, umumnya memiliki sentuhan akhir zat kimia. Fungsinya beragam, ada yang berfungsi untuk meminimalisir tampilan kusut, mencegah timbulnya noda, hingga yang berfungsi untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur sewaktu penyimpanan. Zat kimia ini memang bermanfaat untuk pakaian baru Anda, tetapi dapat menimbulkan dampak buruk bagi kulit, khususnya bagi pemilik kulit sensitif dan penderita eczema.