Jangan Takut, Di Bawah Ini Kami Merangkum Sejumlah Tips Mudah Untuk Merawat Rambut Berwarna Kesayangan Anda.

Jangan Takut, Di Bawah Ini Kami Merangkum Sejumlah Tips Mudah Untuk Merawat Rambut Berwarna Kesayangan Anda.

Informasi Terkini – Masker protein
Gunakan masker rambut dari bahan-bahan alami kaya akan protein seperti pisang atau alpukat tumbuk yang dicampur madu, atau masker campuran telur dan yogurt dan pisang.

Dilansir dari livestrong.com, pisang dan alpukat mengandung properti penyembuh yang dapat meredakan kerusakan yang dialami oleh rambut berwarna. Semakin lembut atau semakin matang buah tersebut, semakin baik.

Aplikasikan masker ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih satu jam dan bilas bersih.

Sebelum mengganti warna rambut baru, bersihkan rambut dengan clarifying shampoo
Jika sudah saatnya untuk ganti warna rambut, persiapkan rambut Anda dengan masker rambut rutin dan deep conditioning agar mengembalikan kekuatan rambut beberapa minggu sebelum janji temu salon Anda. Kemudian, keramas dengan clarifying shampoo dua hari sebelum Anda mengganti warna rambut. Shampo ini akan membantu membersihkan kepala dari sisa-sisa zat kimia yang menumpuk di kulit kepala dan membantu melindungi akar rambut dari kerusakan parah akibat cat rambut.

Perawatan rambut yang konsisten akan berbuah sempurna. Rambut yang sehat tidak hanya tampak lembut dan berkilau, tetapi juga bisa menyerap pigmen warna dengan lebih baik daripada rambut yang rusak, sehingga warna rambut baru Anda akan semakin cerah.

Hindari keramas
Cat rambut dapat membuat rambut lebih berpori, menyebabkan helai rambut menyerap dan melepaskan kelembaban lebih mudah. Akibatnya, molekul warna juga dapat menguap dengan mudah setiap kali rambut Anda basah.

Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan sebanyak 80 persen warna memudar disebabkan oleh kontak langsung dengan air, bukan keramas atau menggosok rambut, ujar Jeni Thomas , Ph.D., ilmuwan senior untuk Pantene.

Untuk menghindari air membilas habis warna rambut Anda, mudah saja: jangan terlalu sering cuci rambut. Masalah utama yang sering ditemui oleh rambut yang diwarnai adalah tekstur yang kering mirip sapu ijuk. Dengan tidak berkeramas, Anda akan membantu rambut untuk memulihkan dirinya dengan bantuan pelepasan minyak rambut dan memberikan kelembapan alami untuk rambut Anda

Tips: Keramaslah hanya tiap 2-3 kali dalam seminggu, lebih jarang lebih bagus. Di hari lainnya, Anda bisa gunakan dry shampoo khusus rambut diwarnai. Jika Anda memang ingin keramas, gunakan air dingin, dan gunakan shampo bebas sulfat khusus rambut diwarnai. Ramuan shampo khusus rambut berwarna diformulasikan secara spesifik untuk melindungi pigmen warna rambut.

Jangan lupa kondisioner
Setiap kali sehabis keramas, jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisoner untuk mengunci kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Kondisioner khusus rambut berwarna, akan membantu warna rambut Anda semakin bersinar dan merata. Atau, gunakan kondisioner color-depositing. Formulasi dari kondisioner khusus berfungsi menambahkan pigmen warna untuk menghasilkan tampilan rambut berwarna yang lebih dramatis.

Jika Anda sanggup puasa keramas, gunakan kondisioner sebagai pengganti shampo. Cukup aplikasikan kondisioner sesuai aturan pakai, tunggu selama kurang lebih 5 menit, dan bilas bersih.

Cara terbaik mengaplikasikan kondisioner adalah mengoleskannya begitu Anda mulai mandi, dan membilasnya di menit-menit terakhir rutinitas mandi Anda.

Pastikan Anda mengoleskan kondisioner hingga ke ujung batang rambut.

Lindungi rambut dari panas
Sebisa mungkin, hindari mengeringkan rambut dengan blow dryer. Tidak hanya panas menguapkan warna rambut lebih cepat, tetapi juga meluruhkan protein rambut; penyebab utama rambut ‘singa’ yang kasar dan mengembang tidak beraturan.

Di hari-hari biasa, cukup angin-anginkan rambut Anda dan keringkan menggunakan kaos bersih. Jika Anda butuh memblow-dry rambut agar kering lebih cepat, jangan lupa untuk aplikasikan leave-in conditioner, serum rambut yang mengandung UV filter, dan semprotkan heat-protection spray sebelum mulai menata rambut.

Deep condition dengan minyak esensial
Minyak zaitun, kelapa, atau almond untuk sesi deep condition seminggu sekali.

Panaskan ¼ cangkir minyak esensial pilihan Anda dalam panci hingga suhu hangat suam kuku. Aplikasikan minyak hangat langsung ke kuli kepala dan ratakan di setiap helai rambut. Bungkus kepala Anda dengan plastik atau shower cap, dan diamkan selama 20 menit. Cuci rambut dengan shampo dan bilas hingga bersih.