Jika Anda Mempunyai Kulit Gelap Atau Sawo Matang Berbanggalah Ini Dia Keuntungan Yang Dapat Anda Peroleh

Jika Anda Mempunyai Kulit Gelap Atau Sawo Matang Berbanggalah Ini Dia Keuntungan Yang Dapat Anda Peroleh

Informasi Terkini – Warna kulit manusia dapat bervariasi dari sangat pucat ke sangat gelap. Rentang warna berasal dari jumlah dan jenis dari pigmen kulit yang disebut melanin. Ada dua jenis melanin — eumelanin dan pheomelanin.

Seperti banyak sifat lainnya, jumlah dan jenis pigmen pada kulit Anda dikendalikan oleh gen. Masing-masing gen tersebut bekerja sama untuk menciptakan produk akhir — warna kulit Anda.

Sebagian besar orang yang memiliki kulit putih atau sangat pucat seperti pada ras kaukasia, atau yang sering kita kenal dengan sebutan "bule”, memiliki memiliki lebih banyak pheomelanin, yang menghasilkan warna kulit lebih terang. Sedangkan pada banyak ras di Asia yang berkulit sawo matang, justru eumelanin yang lebih banyak.

Singkatnya, semakin banyak eumelanin di kulit Anda, akan semakin gelap warna kulit Anda. Orang-orang yang memiliki pheomelanin lebih banyak akan memiliki warna kulit yang lebih pucat dan berbintik (freckles).

Namun, walaupun genetik memainkan peran besar dalam menentukan warna kulit seseorang, masih ada banyak faktor eksternal lain yang menjadi penyebab mengapa warna kulit antar sesama ras masih bisa beragam satu sama lainnya, salah satunya adalah ekspos matahari di masing-masing wilayah.

Sinar matahari bisa jadi sangat berbahaya akibat radiasi UV yang dikandungnya. Radiasi UV bisa menghancurkan asam folat atau menyebabkan mutasi pada DNA dari sejumlah sel kulit. Terkadang, mutasi ini bisa menyebabkan kanker kulit. Di sinilah letak keuntungan memiliki kulit gelap.