Jumat Pagi, Menkes Nila Jalan Kaki Dari Rumah Hingga Kantor

Jumat Pagi, Menkes Nila Jalan Kaki Dari Rumah Hingga Kantor

Informasi Terkini – Jumat (27/10/2017) hari ini merupakan hari yang menyehatkan bagi Nila Moeloek. Sebagai Menteri Kesehatan RI, ia mengawali harinya itu dengan tidak mager alias males gerak. Hal ini dibuktikan olehnya dengan berjalan kaki dari rumahnya yang terletak di sekitar kawasan Patra Kuningan menuju kantor Kementrian Kesehatan yang letaknya berada di Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan.
Dari rumah beliau hingga kantor, kurang lebih ia berjalan kaki menempuh jarak 1,5 kilometer. Hal ini tak dilakukannya sendiri, namun ia juga bersama dengan Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Anung Sugihantono dan beberapa pejabat pemerintah Kementrian Kesehatan lainnya.
Menurut Nila, perilaku sehat seperti jalan kaki ini harus segera dimulai dari diri sendiri dengan memaksakan diri untuk melakukannya serta membiasakannya. Baru setelah itu, kita akan menjadi contoh untuk keluarga dan masyarakat yang nantinya mereka pasti akan ikut untuk mempertahankan kesehatan dengan banyak jalan kaki.
Kegiatan sehat yang dilakukan Nila dan beberapa pejabat pemerintah Kementrian Kesehatan ini merupakan salah satu aktivitas dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang saat ini tengah digalakan pemerintah. Gerakan tersebut diantaranya yaitu melakukan aktivitas fisiko selama 30 menit per hari. Selain dengan bergerak, pemerintah juga tengah menggalakkan budaya untuk banyak makan buah dan sayur serta rutin melakukan pemeriksaan selama enam bulan sekali.
Program GERMAS ini bertujuan untuk mengajak para pemimpin, pejabar serta figure publik untuk melakukan tiga aspek di atas. Dan nanti, bila masyarakat melihat, pemerintah bisa menjadi contoh baik dalam melakukan perilaku baik dan sehat itu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.