Kacamata Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat? Kok Bisa?

Kacamata Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat? Kok Bisa?

Informasi Terkini – Kerap mengalami jerawat pada area sekitar mata dan pipi? Coba cek kebersihan bingkai kacamata Anda! Pasalnya, kebersihan bingkai kacamata yang kurang terjaga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat, lho! Bagaimana bisa, ya? Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Mengapa kacamata dapat menyebabkan jerawat?

Saat menggunakan kacamata, tekanan dari kacamata dapat mencegah terjadinya proses pergantian sel kulit. Akibatnya, sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan berujung dengan munculnya jerawat. Selain itu, tekanan dari kacamata juga bisa membuat kosmetik yang Anda gunakan, seperti makeup, skin care, dan sunscreen semakin terdorong ke dalam pori-pori, sehingga berujung dengan timbulnya jerawat atau komedo.

Cara termudah untuk mengetahui apakah jerawat disebabkan oleh kacamata adalah dengan melihat lokasi jerawat tersebut tumbuh. Umumnya, jerawat yang diakibatkan oleh penggunaan kacamata muncul pada area di mana kacamata menyangga, seperti di antara alis, pipi, atau sisi hidung. Semakin tebal bingkai kacamata yang digunakan, semakin lebar area wajah yang bersentuhan dengan kacamata.

2. Cara mencegah jerawat akibat penggunaan kacamata

Jerawat yang disebabkan oleh faktor eksternal sebenarnya merupakan jenis jerawat yang mudah untuk dicegah. Nah, untuk kasus jerawat yang disebabkan oleh kacamata, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya:

– Setel ulang kacamata: Semakin sempit kacamata, semakin besar pula tekanan yang ditimbulkan. Jika Anda merasa kacamata yang digunakan terlalu menekan wajah, sebaiknya segera kunjungi optik terdekat untuk melakukan penyetelan ulang kacamata.

– Bersihkan bingkai kacamata secara rutin: Banyak pengguna kacamata yang hanya mementingkan kebersihan lensa dan lupa untuk menjaga kebersihan bingkai. Padahal, bingkai kacamata bisa menjadi tempat menumpuknya kotoran, sebum, dan sisa kosmetik yang dapat menjadi penyebab jerawat, lho! Apalagi kalau kacamata yang digunakan kerap melorot. Itu tandanya sudah terlalu banyak minyak yang melekat di bingkai kacamata Anda.

– Hentikan penggunaan kaca mata untuk sementara waktu: Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk mengistirahatkan diri Anda dari penggunaan kaca mata. Terutama saat wajah Anda berjerawat pada area di mana kacamata menyangga.

Pastikan untuk membersihkan makeup dengan maksimal: Untuk mencegah tersumbatnya pori-pori akibat tekanan dari kacamata, pastikan untuk membersihkan makeup dan skin care yang Anda gunakan secara maksimal, ya! Caranya adalah dengan melakukan double cleansing dan eksfoliasi secara rutin.

Simpan kacamata pada kotaknya: Selain berfungsi untuk menjaga bentuk kacamata, kotak kacamata juga dapat membantu menjaga kebersihan bingkai kacamata Anda. Saat diletakkan begitu saja, besar kemungkinan kacamata akan tersenggol, jatuh ke lantai, dan membuat kacamata menjadi kotor. Selain itu, hindari juga kebiasaan meletakkan kacamata pada kamar mandi agar terhindar dari berbagai macam bakteri.