Kandungan Alami Dalam Skin Care Yang Diklaim Ampuh Atasi Bekas Luka

Kandungan Alami Dalam Skin Care Yang Diklaim Ampuh Atasi Bekas Luka

Informasi Terkini – Acne scar, strech mark, dan keloid merupakan beberapa kondisi pada kulit yang timbul akibat proses penyembuhan luka. Meskipun tidak berbahaya, banyak orang yang merasa kurang percaya diri akibat adanya bekas luka pada kulit. Apakah Anda termasuk seseorang yang mengalami masalah ini? Tak perlu khawatir, ada banyak bahan alami yang diklaim ampuh untuk mengatasi bekas luka, kok! Yuk, cari tahu lebih lanjut soal bahan alami berikut!

1. Rosehip Oil

Salah satu jenis minyak yang diklaim ampuh untuk mengatasi bekas luka adalah rosehip oil. Jenis minyak ini memiliki kandungan 80% asam lemak esensial, Omega 3, 6, 9, vitamin A, vitamin C, beta carotene, dan lycopene. Kandungan-kandungan tersebut telah terbukti ampuh membantu sel kulit menyerap, sekaligus mengikat kelembapan kulit. Dengan penggunaan yang rutin, rosehip oil juga mampu melawan radikal bebas dan membantu mengurangi tampilan bekas luka. Jika tertarik dengan cara ini, Anda bisa mencoba Certified Organic Rosehip Oil dari Trilogy.

2. Madu

Selain dapat digunakan untuk melembapkan kulit, madu juga ampuh untuk mengatasi bekas luka yang masih meradang. Kandungan antibakteri dalam madu dapat meredakan inflamasi, membersihkan bekas luka, sekaligus melindunginya. Tak hanya itu, madu juga membantu menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit dalam masa penyembuhan luka. Untuk menggunakannya, pastikan ada memilih jenis raw honey yang lebih kaya akan mineral dan anti-oksidan.

3. Kunyit

Kunyit kaya akan kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, serta kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas jahat dari lingkungan. Tak hanya itu, pigmen oranye pada rempah ini juga membantu mencegah produksi melanin, sehingga cocok untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi dan bekas jerawat. Tertarik untuk mengatasi bekas luka dengan kunyit? Caranya mudah, Anda cukup mencampur bubuk kunyit dengan yoghurt organik, gunakan sebagai masker selama 15 menit hingga mengering, lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

4. Vitamin C

Selain perubahan tekstur, bekas luka juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, vitamin C dapat menjadi solusinya. Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang terbukti ampuh untuk mencerahkan wajah dan memudarkan noda gelap pada kulit. Selain itu, kandungan ini juga membantu memicu produksi kolagen dan elastin yang penting untuk pertumbuhan kulit baru.

5. Shea Butter

Untuk Anda yang memiliki bekas luka karena teriris atau terbakar, coba gunakan shea butter untuk merawatnya. Shea butter memiliki kandungan asam lemak yang mampu memperbaiki dan melembutkan kulit, sehingga kulit di sekitar bekas luka pun menjadi lebih sehat dan ternutrisi. Selain itu, kandungan Omega 3 dan anti-oksidan dalam shea butter juga membantu mencegah munculnya keloid. Untuk menggunakannya, aplikasikan shea butter pada luka yang sudah mengering sebenyak 2-3 kali sehari.