Kandungan Dan Manfaat Dalam Lobak

Kandungan Dan Manfaat Dalam Lobak

Informasi Terkini – Bagi Anda yang menyukai drama Jepang, Korea atau China tentu mengenal lobak, bukan? Ya, sayuran yang bentuknya seperti umbi ini cukup dikenal di negara tersebut. Bahkan, lobak sering dijadikan sebagai lauk yang diolah menjadi sup atau sayur lainnya. Tak hanya itu, lobak juga sering digunakan untuk ramuan obat tradisional di dataran Cina. Namun, di Indonesia sendiri, adakah lobak dan apa manfaatnya?
Saat ini, lupa sering dijumpai di pasar tradisional. Sudah banyak pedagang pasar tradisional yang menjual lobak. Sementara, manfaat lobak bisa dilihat pada ulasan di bawah ini.
1. Nutrisi yang melimpah di dalamnya
Lobak memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat, kalori yang sedikit serta vitamin C yang tinggi terdapat dalam setengah cangkir lobak dapat membantu penurunan berat badan. Selain itu, di dalam lobak juga terdapat antioksidan yang membantu untuk merawat kesehatan kulit serta melawan radikal bebas yang mungkin menjadi penyebab utama masalah kulit.
Tak hanya itu, lobak juga memiliki kalium, folat, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin K, kalsium, magnesium, zinc, fosfor serta sodium. Banyak bukan kandungan yang terdapat dalam sayur lobak ini.
2. Dapat mencegah kanker
Lobak memiliki kandungan senyawa yang memiliki sifat antikanker. Dengan begitu, lobak dapat mencegah risiko kanker serta membunuh sel kanker yang mungkin ada dalam tubuh. Hal ini diungkapkan oleh Linus Pauling Institute.
3. Menyehatkan pencernaan
Karena terdapat kandungan serat, lobak dapat menyehatkan pencernaan serta mengatasi masalah pencernaan yang mungkin berbahaya bila tak diatasi dengan segera.
4. Anti jamur
Dalam sebuah penelitian diungkapkan lobak memiliki zat yang membantu kerja protein anti jamur RsAFP2 untuk membendung sel pada Candida albicans. Hal ini berarti lobak memiliki khasiat dan bermanfaat untuk membebaskan tubuh dari infeksi jamur.
5. Mengatasi penyakit akibat virus
Tubuh manusia mudah mengalami penularan virus. Hal ini mengakibatkan manusia mudah mengalami demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, radang tenggorokan, gangguan empedu dan peradangan bila sistem kekebalan tubuh berkurang. Oleh sebab itu, mengonsumsi lobak bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati penyakit tersebut.