Kandungan Zat Besi Makanan Pengganti Daging Tak Sama Besarnya Seperti Daging

Kandungan Zat Besi Makanan Pengganti Daging Tak Sama Besarnya Seperti Daging

Informasi Terkini – Untuk menjaga tubuhnya, banyak orang memilih untuk tidak mengonsumsi apapun jenis yang berkaitan dengan daging hewan. Memang, dalam daging hewan terdapat lemak yang merupakan sebuah pantangan bagi mereka yang menjalankan diet menurunkan berat badan. Karena hal ini, mereka pun mengubah makanan mereka jadi makanan vegetarian yang berbahan sayur-mayur.
Namun, meski begitu, tubuh perlu memiliki kecukupan zat besi dalam tubuhnya. Hal ini berarti asupan zat besi harus diperoleh secukup-cukupnya agar tubuh tidak mengalami kekurangan zat besi yang nantinya bisa berdampak buruk pada tubuh sendiri.
Asupan zat besi bisa diperoleh dari produk hewani dan juga makanan nabati. Namun, antara dua jenis makanan tersebut ada perbedaan pada kandungan zat besi serta yang diserap oleh tubuh. Pada daging, zat besi yang diserap oleh tubuh bisa sampai 25 persen. Sementara, produk pengganti daging atau makanan nabati seperti tempe hanya sebesar 1 persen saja yang diserap oleh tubuh.
Hal ini artinya, ketika vegetarian harus mencukupi asupan zat besi, ia perlu makan makanan nabati banyak agar yang terserap dalam tubuh cukup untuk memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan.
Selain makan makanan nabati, vegetarian juga bisa mengonsumsi tablet penambah darah yang membantu untuk memenuhi kandungan zat besi tersebut.