Kebiasaan Mendengkur Bisa Bahaya, Berikut Cara Mengatasinya

5
Mendengkur merupakan suara keras yang berasal dari hidung atau mulut saat kita bernafas. Umumnya, hal ini dialami saat tidur. Tak jarang, orang sekitar akan terganggu akibat kebiasaan mendengkur tersebut.

Selain itu, mendengkur ternyata juga tidak baik bagi kesehatan. Hasil dari penelitian memberikan ungkapan bahwa mendengkur dapat menjadi tanda dari Obstructive Sleep Apnea. Kondisi ini berujung pada pernapasan yang terganggu dan nantinya bisa berakibat yang lebih serius, seperti hipertensi, serangan jantung, hingga kematian dini.

Jangan dulu khawatir, ada beberapa rutinitas yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur itu. Berikut ini tipsnya.

1. Selalu ikuti jadwal tidur setiap hari

Tidur sesuai jadwal bukan hanya membuat kamu menjadi orang yang disiplin dan teratur. Namun, cara ini juga dapat mengurangi kebiasaan mendengkur sehingga perlahan akan mulai menghilang.

2. Olahraga setiap hari

Olahraga memang disarankan untuk dilakukan setiap hari sehingga tubuh pun akan lebih bugar. Selain itu, manfaat olahraga lainnya juga bisa mengatasi kebiasaan mendengkur. Pastikan untuk tidak melakukan olahraga di malam hari atau sebelum tidur karena hal ini justru akan membuatmu susah tidur.

3. Buat suasana tidur yang sehat

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, pastikan membuat suasana ruangan terasa nyaman. Kamu bisa menyayangi AC dengan suhu ideal, cahaya lampu yang remang-remang, dan pastikan jauh dari gadget sebelum tidur.

4. Lakukan meditasi

Meditasi akan membantu pikiranmu lebih jernih dan rileks sehingga dapat berpengaruh pada kenyamanan saat tidur.

5. Ciptakan ritual tidur

Sebelum tidur, kamu bisa melakukan titual yang dapat menenangkan tubuh. Hal ini bisa seperti minum teh hangat atau mandi air hangat.

6. Pastikan bantal yang Anda gunakan baik

Memakai bantal yang nyaman dan empuk saat tidur akan membantumu terasa nyaman dan tertidur lelap.

7. Hindari obat-obatan dan alkohol

Jika kamu sudah konsisten menjalani tips-tips di atas, jangan merusaknya dengan minum minuman yang tidak menyehatkan, seperti alkohol. Minuman ini akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak sehingga kebiasaan mendengkur sulit dihilangkan.

8. Ubah posisi tidur Anda

Meski sudah nyaman dengan posisi tidur yang lama, sebaiknya coba posisi tidur yang lainnya. Hal ini mungkin akan membantu Anda untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur itu.

Selamat mencoba!!