Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Sehari-hari Untuk Menghindari Flu Menurut Dokter

Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Sehari-hari Untuk Menghindari Flu Menurut Dokter

Informasi Terkini – Tidak bisa dipungkiri jika flu adalah penyakit yang paling mudah Anda idap setiap harinya. Hal ini dikarenakan virus flu tersebar secara bebas melalui udara dan dapat menyebar dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi. Namun, dengan menerapkan beberapa kebiasaan khusus rupanya Anda dapat mengurangi peluang untuk terserang flu. Apa saja?

1. Jaga Kebersihan Tangan Anda

Menurut Dr. Drew Massengill, RN, BSN dari Natividad Hospital di California, cara nomor satu untuk mencegah penyebaran flu adalah dengan rajin mencuci tangan. Hal ini dikarenakan tangan manusia sebetulnya merupakan sarana penyebaran kuman karena banyak orang yang batuk atau bersin lalu menyekanya dengan tangan. Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan agar mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air mengalir selama 20 detik, dengan memastikan bahwa Anda mencuci ibu jari, punggung tangan, dan kuku Anda dengan bersih. Jika sedang tidak memiliki akses untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Dr. Kumar Dharmarajan, MD dari Clover Health menyarankan agar Anda tetap menjaga kebersihan tangan dengan tisu basah atau hand sanitizer.

2. Jauhkan Tangan Anda dari Wajah Anda

Selain sering mencuci tangan, hal terbaik berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah flu adalah menjauhkan jari dan tangan dari wajah. Menurut Dr. Kim Langdon, MD, setiap bakteri atau virus dapat hidup di permukaan kulit Anda tanpa menyebabkan masalah, tetapi begitu mereka berpindah dari tangan Anda ke saluran hidung atau mulut, bakteri atau virus tersebut dapat menyebabkan infeksi. Karena itulah, sebisa mungkin Anda harus menghindari untuk menyentuh mata, mulut, atau hidung menggunakan tangan, terutama saat kondisi tangan sedang tidak terjaga kebersihannya.

3. Jadikan Tidur sebagai Prioritas

Menurut Michael Breus, PhD, penulis buku The Sleep Doctor’s Diet Plan, mendapatkan jumlah tidur yang mencukupi sangat berpengaruh untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang flu. Di samping mempertahankan jadwal tidur yang konsisten, Dr. Breus menyarankan Anda untuk juga berolahraga secara teratur, membatasi asupan kafein dan alkohol, serta menikmati 15 menit sinar matahari setiap pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Waspadai Penggunaan Barang Tertentu secara Bersamaan

Dr. Kristine Arthur, MD, dokter penyakit dalam di MemorialCare Orange Coast Medical Center menyarankan agar Anda menghindari penggunaan beberapa peralatan secara bersamaan, seperti piring, handuk tangan, sendok, dan barang lainnya untuk menghindari terpapar virus flu dari orang lain. Anda juga sebaiknya menghindari makanan/minuman yang disajikan di wadah terbuka karena dapat terkena batuk, bersin, dan bahkan kemungkinan bersentuhan dengan orang lain. Pastikan juga jika Anda sering membersihkan permukaan barang yang sering disentuh, seperti keyboard, handphone, gagang pintu dan saklar lampu.

5. Hindari Membawa Pulang ‘Kuman’ ke Rumah

Ketika Anda tiba di rumah setelah bepergian, perhatikan di mana Anda meletakkan barang-barang yang telah dibawa pulang. Dr. Arthur mengatakan bahwa tas ransel atau barang-barang lainnya yang Anda bawa pergi telah terpapar bakteri, virus, serta kotoran yang ada secara bebas di lingkungan luar. Karena itu, jangan meletakkan barang-barang tersebut di area penting rumah Anda seperti meja makan atau dapur karena kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dipersiapkan di area tersebut. Pertimbangkan pula untuk selalu mengganti baju setelah berolahraga sebelum kembali ke rumah untuk menghindari membawa pulang ‘kuman’ ke rumah Anda.