Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Sebum Yang Membuat Kulit Semakin Berminyak

Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Sebum Yang Membuat Kulit Semakin Berminyak

Informasi Terkini – Banyak yang mengatakan jika orang dengan jenis kulit berminyak akan memiliki wajah yang terlihat lebih awet muda daripada orang-orang dengan jenis kulit kering. Namun di sisi lain, kulit wajah berminyak bisa membuat kulit tampak kusam dan tidak sedap di pandang. Karena itu pemilik jenis kulit berminyak akan mencoba melakukan segala cara untuk mengurangi kadar sebum pada wajahnya. Namun sayangnya, tak jarang yang terjadi adalah kulit malah menjadi semakin berminyak. Mungkin di antara Anda pun ada yang pernah mengalami hal ini.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membuat produksi sebum semakin bertambah, mulai dari pola hidup yang kurang sehat, hingga faktor stres. Namun tak hanya itu saja ladies, masih ada beberapa kebiasaan lain yang bisa membuat kulit wajah menjadi semakin berminyak. Nah, jika Anda sedang mengalami kondisi kulit yang super oily, coba cek apakah Anda kerap melakukan hal-hal berikut ini!

1. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Mungkin Anda sering mendengar jika terlalu sering membersihkan wajah, maka kulit bisa menjadi semakin berminyak. Namun tak hanya itu saja, melakukan eksfoliasi wajah lebih dari 2-3 kali seminggu juga dapat menyebabkan produksi sebum pada kulit semakin meningkat. Biasanya produk eksfoliasi mengandung salicylic acid yang berfungsi untuk mengikis sel-sel kulit mati. Bila digunakan terlalu sering, kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi kering. Kulit yang kering akan memberikan sinyal kepada kelenjar minyak alami jika kulit membutuhkan hidrasi, sehingga kelenjar minyak pun akan bekerja memproduksi lebih banyak sebum yang justru membuat kulit akan semakin berminyak.

2. Tidak menggunakan pelembap

Banyak orang dengan kulit berminyak berpikir jika menggunakan pelembap wajah justru akan membuat kulitnya lebih berminyak dan akan meninggalkan kesan lengket di kulit. Tapi hal tersebut tidaklah benar, ladies! Jika tidak ingin kulit menjadi semakin berminyak maka Anda harus menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kulit mendapatkan hidrasi yang baik sehingga tetap terjaga kelembapannya. Dengan menggunakan pelembap yang sesuai jenis kulit, maka Anda pun dapat menjaga hidrasi dan kelembapan alami kulit. Selain memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak carilah pelembap yang memiliki tekstur ringan dan mudah diserap, untuk mengurangi kesan lengket di kulit.

3. Menggunakan makeup terlalu tebal

Salah satu masalah yang biasanya dialami oleh pemilik kulit berminyak adalah pori-pori besar dan jerawat. Biasanya untuk menyamarkan pori-pori, jerawat dan bekas jerawat, banyak orang memilih untuk menggunakan makeup dengan foundation yang cukup tebal. Tapi tahukah Anda jika makeup yang terlalu tebal sebenarnya bisa membuat kulit menjadi lebih mudah untuk berminyak, terutama ketika Anda berada di luar ruangan. Selain itu, menggunakan makeup tebal juga bisa menimbulkan masalah kulit baru seperti pori-pori tersumbat dan komedo.

4. Suka mengonsumsi gorengan

Siapa yang tak tahan dengan kelezatan dan gurihnya bakwan goreng, mendoan, french fries, dan ayam goreng? Hampir semua orang sangat menyukai jenis makanan yang digoreng. Tapi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng tidak hanya berbahaya bagi kesehatan saja, namun juga memiliki efek buruk bagi kecantikan kulit, lho! Salah satunya adalah kadar minyak pada kulit menjadi meningkat. Berbagai makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, yang dapat memicu kulit memproduksi minyak lebih banyak, sehingga kulit wajah pun akan mudah untuk semakin berminyak. Karena itu, alangkah baiknya Anda mulai mengurangi makanan-makanan yang digoreng, serta membiasakan diri untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang bisa membantu untuk menutrisi kulit.

5. Menggunakan toner yang mengandung alkohol

Toner yang mengandung alkohol menjadi produk kecantikan yang sangat disukai oleh para pemilik kulit berminyak, karena dengan menggunakan toner mereka akan merasa kulit menjadi lebih bersih dan segar. Tapi yang sebenarnya terjadi adalah alkohol pada toner justru dapat memicu kulit menjadi kering. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kulit menjadi kering maka kelenjar kulit Anda akan memproduksi minyak yang lebih banyak untuk memastikan kulit tidak mengalami dehidrasi. Karena itu hindari toner wajah dan produk kecantikan yang memiliki kandungan alkohol, dan mulai beralih menggunakan produk-produk kecantikan yang berbasis air dan mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan serta menutrisi kulit.