Alami Jerawat di Alis? Inilah Beberapa Penyebabnya

Jerawat adalah masalah kulit yang cukup mengganggu dan sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari perubahan hormon hingga gaya hidup kurang sehat bisa memicu timbulnya jerawat. Bentuk dari jerawat biasanya berupa benjolan kecil pada permukaan kulit.

Bagian tubuh yang rentan ditumbuhi oleh jerawat adalah kulit wajah. Hal ini dikarenakan beberapa orang memiliki tipe kulit wajah yang sensitif. Namun tidak menutup kemungkinan, jerawat juga bisa terjadi pada bagian dada atau punggung.

Jerawat di kulit wajah umumnya muncul pada bagian pipi, dagu, dan dahi. Area ini kerap berjerawat karena memiliki produksi sebum berlebih. Sebum dapat menyumbat pori-pori kulit dan mengakibatkan penumpukan kotoran sehingga memicu jerawat. Tetapi, pernahkah kamu mengalami jerawat di alis? Kira-kira apa ya yang menyebabkannya?

Tak jarang, jerawat juga bisa muncul di bagian yang berbeda dari biasanya. Seperti halnya jerawat di alis. Penyebab jerawat alis ini umumnya sama dengan jerawat lainnya yaitu pori-pori kulit atau folikel rambut yang tersumbat oleh sebum atau minyak alami kulit. Alhasil bakteri bisa berkembang biak disana dan memicu jerawat.

Ada pula penyebab lain jerawat alis, yakni kesalahan dalam penggunaan kosmetik. Penggunaan pensil alis dan tato alis meningkatkan risiko muncul jerawat. Dan sisa kosmetik yang tidak dibersihkan dapat menjadi residu dan mendorong penyumbatan pori-pori kulit.

Kemudian penggunaan alat make up yang kotor juga menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Karena itu, sering-seringlah dalam merawat dan membersihkan peralatan make up sehingga tetap bersih dan aman dipakai.

Begitu juga dalam mencukur alis, jika alat yang digunakan kotor atau tumpul dapat menginfeksi kulit alis dan menyebabkan timbulnya luka. Hal ini juga rentan terhadap risiko ingrown hair atau rambut tumbuh ke dalam.

Jadi, bila kamu memiliki tipe kulit yang sensitif sebaiknya selalu perhatikan dalam membersihkan kulit wajah dan area alis. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya.