Sering Tak Disadari, 4 Hal Ini Memicu Breakout

Saat sedang bercermin dan mengamati wajah, terkadang kita menemukan bintik-bintik kecil yang timbul di permukaan kulit wajah. Tentunya hal ini dapat mengganggu penampilan kita karena bikin hasil make up tampak flawless. Nah, kondisi ini bisa disebut sebagai breakout.

Bagi yang belum tau, breakout merupakan kondisi kulit yang mengalami iritasi. Breakout ini ditandai dengan munculnya jerawat. Untuk mengatasinya pun diperlukan dasar penyebabnya terlebih dahulu. Karena itu, berikut ini ada beberapa hal yang sering tak disadari menyebabkan timbulnya breakout.

1. Sering Bergonta-ganti Skincare

Pasti banyak dari kita sering melakukannya. Bukannya tidak boleh, namun keseringan ganti produk skincare tanpa memberikan jangka waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan kandungan baru bisa memicu jerawat. Dalam hal ini, jerawat bisa dikarenakan oleh purging dan breakout. Bila jerawat muncul lebih dari 4-6 minggu maka bisa dikatakan itu jerawat breakout.

Jadi, selama jerawat purging gunakanlah terus produk skincare tersebut. Karena hal ini biasanya akan terjadi sementara saja. Namun jika jerawat tidak berujung sembuh di minggu ke-6 atau merasa tidak cocok dengan produk skincare-nya, maka segera hentikan pemakaian dan lakukan puasa skincare.

2. Memakai Make Up Tebal

Tidak percaya diri dengan adanya jerawat atau noda hitam di kulit wajah terkadang membuat kita harus menutupinya. Salah satu cara yang menjadi andalan adalah dengan memakai concealer dan foundation tebal. Tetapi, cara ini bikin jerawat breakout justru makin parah dan susah disembuhkan.

Alangkah lebih baik dalam sementara waktu menghindari pemakaian make up tebal. Biarkan kulit bernafas dan mengurangi peradangan jerawat. Cukup lakukan perlindungan dengan pelembap dan sun protection agar breakout tidak semakin menyebar.

3. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah sepertinya susah sekali dihilangkan. Padahal ini bisa menjadi penyebab munculnya breakout. Bakteri pada tangan dapat berpindah dengan mudah ke kulit wajah dan menjadi biang munculnya jerawat.

Karena itu, jagalah kebersihan tangan jika kamu memiliki kebiasaan sering menyentuh wajah. Selain itu yang paling penting, sebisa mungkin kamu harus menguranginya agar breakout tak lagi menjadi masalahmu.

4. Jarang Merawat Kulit

Ingin memiliki kulit wajah yang sehat tentu saja perlu usaha yang maksimal. Bagaimana bisa ingin kulit glowing dan bebas jerawat jika tidak mau melakukan rutinitas perawatannya?

Nah, penting sekali untuk melakukan step perawatan kulit. Mulai dari membersihkan dan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih, memberikannya kelembapan, dan melindunginya dengan sun protection. Dalam seminggu sekali lakukan pula eksfoliasi untuk membantu meregenerasi kulit dengan optimal.