Kenali 7 Jenis Clay Mask Dan Khasiatnya

Clay mask merupakan salah satu jenis masker untuk wajah. Bentuknya seperti tanah liat yang memiliki tekstur lengket. Saat diaplikasikan akan mengeras dalam beberapa menit. Namun, jenis-jenis masker cukup banyak sehingga membuat kita bingung memilih mana yang cocok digunakan untuk kondisi kulit wajah. Berikut ini ulasannya.

1. Charcoal clay

Masker ini cukup banyak dikenal dan digunakan. Dengan bahan utama charcoal, masker ini dapat memberikan efek mencerahkan kulit. Selain itu, masker ini juga cocok sebagai eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menumpuk pada pori-pori kulit.

2. Bentonite clay

Sedangkan masker tipe bentonite ini cocok bagi kamu yang suka berpergian keluar rumah dan banyak terpapar oleh polusi udara. Radikal bebas akan meningkatkan iritasi kulit sehingga kamu perlu mencegahnya dengan perawatan masker, seperti clay mask jenis ini.

3. Multani mitti

Kalau kamu memiliki tipe kulit yang bermasalah dengan minyak berlebihan dan jerawat, clay mask yang digunakan adalah jenis multani mitti.

4. Green clay

Kalau kamu merasa kulit mulai memberikan tanda penuaan, masker jenis ini bisa menjadi cara untuk mencegah dan merawatnya. Dengan kandungan ganggang laut yang penuh dengan enzim dan mineral dapat memberikan anti-aging pada kulit untuk membuatnya awet muda.

5. French pink clay

Sementara, pemilik kulit sensitif dan rentan terhadap iritasi serta kemerahan wajib coba clay mask jenis ini. Dengan kandungan seng oksida, besi, dan kalsit dapat membantu merawat kulit wajahmu tanpa membuatnya semakin bermasalah dan peradangan.

6. Rhassoul clay

Jika merasa kulit kusam dan butuh eksfoliasi kulit, clay mask jenis rhassoul dapat meringkas minyak serta menyamarkan pori-pori yang besar.

7. White kaolin clay

Jenis masker ini cukup berbeda dari yang lainnya. Pasalnya, warna putih yang khas dan teksturnya lembut dapat memberikan kelembapan kulit tanpa mengganggu keseimbangan pH kulit.