Kenapa Rambut Mudah Berminyak?

Perihal rambut lepek sudah tidak asing lagi ditelinga para wanita. Masalah rambut lepek akan selalu ada. Sebenarnya, apa saja sih penyebab rambut bisa berminyak atau lepek. Selain tidak enak dipandang, rambut lepek sepertinya juga kurang peraawatan. Oleh karena itu, yuk simak jawabannya kenapa rambut mudah berminyak?

1. Waktunya keramas

Tak heran apabila rambut menjadi lebih berminyak dan lepek apabila 3 sampai 4 hari tidak keramas, apalagi kalau cuaca sedang panas, dan Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan, kemungkin rambut akan cepat lepek benar adanya. Karena sering beraktivias di luar ruangan menyebabkan akar kulit rambut memproduksi keringat yang akan menyebabkan minyak berlebih pada rambut. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya keramas minimal 2 kali dalam seminggu. Atau setidaknya 1 kali dalam seminggu melakukan perawatan rambut di salon

2. Terlalu banyak menggunakan kondisioner

Tidak salah kalau menggunakan kondisioner, namun, menggunakan kondisioner juga ada batasnya. Sudah dari sana bahwa kondisioner memiliki tekstur yang licin. Terlalu banyak menggunakan kondisioner justru akan membuat rambut menjadi lebih mudah berminyak dan rambut akan kehilangan volumenya. Selain itu, salah menggunakan kondisionerr juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Misalnya, Anda memakai condisioner sampai kulit kepala, opadahal kulit kepala atau akar rambut sudah mempunyai kelembaban alami. Jadi, sebaiknya kalau menggunakan kondisioner cukup di area luar rambut, tidak usah sampai ke akar rambut, karena hal tersebut bisa menyebabkan rambut mudah berminyak di kemudian hari.

3. Keseringan keramas

Ternyata, tak hanya sudah waktunya keramas, namun justru terlalu sering keramas juga bisa menjadi salah satu factor kulit kepala menjadi lebih berminyak. Karena terlalu sering mencuci rambut akan menyebabkan rambut kering, iyap kering, namun akar rambut kan sudah mempunyai minyak alami, jadi akar rambut akan mengeluarkan minyak alaminya, sehingga membuat bagian batang rambut hingga ujung tambut berminyak dan lepek. Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi sering keramas, yakni dengan cara menggunakan produk hair care, Anda bisa memulai perawatan rambut agar rambut tidak rusak nantinya.

4. Udara panas

Tak hanya hair care menjadipenyebab rambut mudah lepek, namun ternyata terpapar sinar matahari atau udara yang panas juga bisa menjadi salah satu factor penyebab rambut mudah lepek. Nah, sebaiknya apabila sedang musim panas, dan udara yang panas. Keramas lebih cepat dari biasanya diperbolehkan, namun tergantung situasi kondisi rambut. Apabila rambut sudah benar-benar lepek, maka tidak salah apabila keraamas lebih dulu daripada sebelumnya.