Kerap Dianggap Sepele, Ini Bahaya Memendam Emosi Bagi Kesehatan Mental Anda Lho!

Kerap Dianggap Sepele, Ini Bahaya Memendam Emosi Bagi Kesehatan Mental Anda Lho!

Informasi Terkini – Apa itu memendam emosi?

Menurut psychmechanics, memendam emosi adalah cara seseorang untuk tidak mengakui emosinya atau tidak mengekpresikan emosi dengan cara yang sehat. Padahal pada dasarnya, emosi tidak bisa ditekan dan tetap harus dikeluarkan dengan cara apapun, salah satunya adalah meditasi. Emosi yang dipendam justru akan menimbulkan banyak masalah.

Apa efeknya bagi kesehatan mental?

Meskipun terlihat sepele, memendam emosi akan berimbas pada terganggunya kesehatan fisik maupun mental. Jika Anda menekan emosi atau memendamnya, kemungkinan emosi itu akan terbuang di tempat lain, bahkan pada orang yang tidak bersalah. Emosi negatif yang ada dalam diri seseorang kerap kali mengakibatkan perubahan suasana hati, kesedihan, hingga depresi ringan.

Tidak mengekspresikan emosi juga dapat menyebabkan gangguan tidur karena rasa gelisah. Bagian otak yang tidak tahu cara menangani emosi, kemudian akan membuatnya bekerja semalaman untuk menentukan pola emosional hingga membentuk kegelisahan. Efek lainnya pada kesehatan adalah gangguan pencernaan hingga memicu alergi. Bahkan pada suatu kasus, seseorang yang sudah sering memendam emosi akan mulai terbiasa dan menyebabkan mati rasa. Keadaan ini akan berdampak buruk pada masa depan. Menumpuknya emosi kemudian akan terluapkan pada waktu tertentu dan menyebabkan stres berkelanjutan.

Bagaimana cara menanganinya?

Keadaan seperti ini tentu tak memiliki obat dan hanya bisa diatasi dengan cara berdamai dengan diri sendiri. Sebagai solusinya, Anda dapat mulai dengan jujur pada diri sendiri. Menerima bahwa Anda sedang marah atau kesal tanpa mengelakkan perasaan sendiri. Dengan begitu, Anda dapat mengekspersikan perasaan dengan lebih baik dan lebih membantu diri sendiri.