Kerap Dijadikan Sebagai Makanan Favorit Saat Diet, Apa Sih Perbedaan Muesli Dan Granola?

Kerap Dijadikan Sebagai Makanan Favorit Saat Diet, Apa Sih Perbedaan Muesli Dan Granola?

Informasi Terkini – Untuk Anda yang gemar mengonsumsi makanan sehat atau sedang menjalani diet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan oat. Bahan makanan yang berasal dari biji gandum ini biasa diolah menjadi bubur yang dikenal dengan nama oatmeal atau havermut. Karena memiliki rasa hambar, pengolahan oatmeal biasa dikreasikan dengan campuran kaldu, susu, atau madu.

– Dijadikan sebagai Makanan Favorit Saat Diet, Apa Perbedaan Muesli dan Granola?

Nah, bagi Anda yang rutin mengonsumsi oat secara rutin, terus-terusan mengonsumsi oat dalam bentuk havermut tentu akan terasa membosankan. Untungnya, zaman sekarang oat hadir dalam variasi yang lebih beragam. Di antaranya yang paling populer adalah muesli dan granola. Memiliki tampilan yang serupa dan bahan-bahan yang sama, mungkin membuat banyak orang bingung soal perbedaan kedua bahan makanan ini. Kalau Anda penasaran mengenai perbedaan dan cara mengolah muesli dan granola, simak terus artikel ini, ya!

– Apa Itu Muesli?

Muesli merupakan makanan yang sering dijadikan menu sarapan pagi atau brunch, yang terbuat dari campuran rolled oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Oat dalam muesli bersifat mentah dan memiliki rasa yang cenderung hambar. Ada banyak cara untuk menikmati muesli. Mulai dari direndam dengan susu semalaman hingga menjadi overnight oats, dimasak dengan air layaknya oatmeal, atau dicampurkan bersama yogurt. Anda juga bisa menambahkan pemanis seperti madu atau sirup maple dan buah-buahan segar untuk sajian sarapan yang lebih nikmat.

– Apa Itu Granola?

Terbuat dari bahan-bahan yang serupa, lalu apa yang membedakan granola dengan muesli? Ternyata perbedaan ini terletak pada proses pengolahannya. Granola juga terbuat dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Namun, sebelum dihidangkan granola diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu dengan campuran pemanis dan minyak yang berfungsi mengikat bahan-bahan dalam granola. Inilah yang membuat granola menjadi lebih renyah dan cenderung bergumpal.

Berbeda dengan muesli yang dihidangkan sebagai hidangan utama, granola lebih sering dikonsumsi sebagai snacks atau dijadikan taburan pada yogurt, smoothie, serta es krim. Meskipun memiliki bahan yang serupa dengan muesli, Anda sebaiknya menjaga konsumsi makanan yang satu ini mengingat terdapat kandungan pemanis dan minyak pada granola.