Kesalahan Gunakan Tabir Surya Bikin Kulit Makin Gosong

Penggunaan tabir surya memang sering menjadi andalan untuk melindungi kulit wajah dari terpaparnya sinar matahari secara langsung. Biasanya, tabir surya digunakan beberapa menit sebelum memulai aktivitas. Namun, banyak sekali yang menggunakannya secara keliru sehingga alih-alih mendapatkan kulit yang sehat justru kulit tetap terbakar dan memerah karena sinar matahari. Lalu apa penyebabnya?

Hal pertama yang harus dilihat adalah tahap penggunaan tabir surya. Bisa saja hal ini yang membuat kulit mudah terbakar oleh sinar matahari. Meski yang digunakan merupakan sunscreen dengan kandungan SPF dan PA yang tinggi, namun hal ini tidak bisa melindungi kulit secara optimal apalagi cara pemakainya yang salah.

SPF (Sun Protection Factor) merupakan perkiraan ketahanan tabir surya terhadap sinar matahari, dan perannya adalah sebagai proteksi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan dampak negatif, seperti kulit terbakar hingga kanker kulit.

Sementara itu, nilai SPF yang tercantum dalam produk tabir surya (SPF 15, 20, 25, 30, 50, dll) itu bukan merupakan definisi dari lamanya penggunaan tabir surya dalam melindungi kulit. Akan tetapi, angka tersebut merupakan daya tahan tabir surya dalam menahan radiasi UV dari sinar matahari untuk langsung mengenai kulit.

Dan juga tidak re-apply tabir surya setelah 2-5 jam pemakaian dapat membuat kulit mudah gosong. Hal ini diperkirakan karena tabir surya akan menghilang setelah beberapa jam meskipun tidak terkena air maupun lainnya.

Waktu pemakaian juga harus diperhatikan. Jika kamu sembarangan memakai sunscreen, misalnya saat kulit sudah terpapar oleh sinar matahari langsung maka produk tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Maka, ubahlah kebiasaan seperti itu dengan memakainya 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Sementara itu, porsi pemakaian juga mengambil andil mengapa kulit masih bermasalah dengan sinar matahari setelah menggunakan sunscreen. Porsi yang dibutuhkan kulit untuk terlindung dengan tabir surya ini adalah 1 cm kulit perlu 2 mg sunscreen. Nah, gimana sudah tahu kesalahannya?