3 Cara Atasi Muka Bengap Saat Bangun Tidur

3 Cara Atasi Muka Bengap Saat Bangun Tidur

Informasi Terkini – Muka bengap saat bangun tidur biasanya disebabkan oleh alergi, efek samping obat, hingga cedera kepala. Namun, bila Anda mengalami muka bengap tanpa adanya gejala-gejala tersebut, biasanya hal itu disebabkan Anda mengonsumsi makanan tinggi garam atau minum miras sebelum tidur. Selain itu, muka bengap juga bisa disebabkan karena posisi tidur yang salah dengan posisi wajah yang tertekan di atas bantal. Dehidrasi dan kelebihan cairan pun bisa menjadi faktor muka bengap ini.
Tapi, jangan khawatir. Anda bisa mengatasi muka bengap itu dengan cara-cara ini, lho.
1. Cuci muka pakai air dingin
Anda bisa membasuh muka dengan air dingin atau kompres wajah dengan es batu yang dililitkan dengan handuk. Air dingin ini akan membuat pembuluh darah mengecil sehingga akan memperlambat aliran darah yang menyebabkan wajah membengkak itu.
2. Minum air putih
Muka bengap memang bisa disebabkan oleh dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda saat bangun tidur langsung minum air putih. Air ini juga akan membuang kelebihan cairan dalam tubuh Anda. Selain itu, cukupkan cairan tubuh dengan minum air minimal 8 gelas sehari.
3. Pijat wajah
Memijat wajah di setiap pagi dapat mengatasi dan mencegah muka bengap. Hal ini karena akan memperlancar aliran darah sehingga seluruh tubuh akan menerima pasokan oksigen yang tercukupi.