3 Gangguan Lain Yang Harus Diwaspadai Saat Pandemi Seperti Ini

Masalah bersama yang harus dihadapi saat ini adalah COVID-19. Pasalnya, virus ini memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi manusia, paling parahnya yaitu kematian. Selain itu, penyebaran virus yang sangat cepat dan tidak terlihat membuat semua orang serba waspada dan khawatir. Namun, ada beberapa gangguan kesehatan lainnya yang harus diwaspadai juga di tengah pandemi virus corona sepert ini. Apa saja?

1. Stres

Di momen seperti ini banyak sekali hal-hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres. Kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona, kestabilan perekonomian yang terganggu, pemberitaan yang simpang siur dan arus berita ya bikin resah sangat berperan terhadap peningkatan beban pikiran dan stres pada kebanyakan orang, termasuk saya.

2. Anxiety atau kecemasan berlebihan

Dari beban pikiran bisa menimbulkan stres yang kemudian dapat berujung pada kecemasan berlebihan. Jika hal ini terjadi akan memungkinkan gangguan lain, seperti sesak napas, jantung berdebar-debar, hingga sulit berkonsentrasi. Sebagai solusinya, Anda dapat mengatur waktu rehat dan menjauhi media sosial atau berita yang meresahkan serta melakukan jalan- jalan santai keliling kompleks sambil mendengarkan lagu yang menyenangkan sebagai meditasi dan merefreshkan pikiran.

3. Rasa kesepian

Adanya virus ini menjadikan kita selalu waspada dengan orang sekitar. Kita pun melakukan social distanding yang membuat banyak orang mengalami kesulitan dan berujung pada rasa kesepian. Biasanya selalu interaksi dengan orang lain atau teman, sekarang kita dihimbau untuk selalu berada di rumah saja. Nah, jangan anggap enteng, kesepian bisa menimbulkan efek yang negatif bagi kesehatan mental dan fisik. Agar tidak terjadi hal demikian, coba untuk lakukan telepon atau video call secara rutin dengan kerabat atau teman sehingga bisa punya teman ngobrol dan nggak kesepian lagi.